Kampanye Pahlawan Ekonomi Kreatif BUKALAPAK, The Best Creative PR Program

bukalapak

Sebagai bagian dari rangkaian kampanye 'Pahlawan Pelapak', platform e-commerce Bukalapak bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menghadirkan program bertajuk 'Pahlawan Ekonomi Kreatif'. Mengusung objektif memberdayakan para pelaku ekonomi kreatif agar bisa bersaing secara sehat di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), kampanye 'Pahlawan Ekonomi Kreatif' mengajak 100 ribu pelaku UKM ekonomi kreatif memanfaatkan onlineplatform Bukalapak sebagai saluran pemasaran.

Melalui kerja sama kampanye 'Pahlawan Ekonomi Kreatif' yang diluncurkan pada 12 April 2016, Bukalapak dan Bekraf berkomitmen melakukan pendampingan pemasaran online, fasilitasi hak cipta, dukungan financial, pengembangan talent, serta pembinaan pengembangan produk kreatif bagi para pelaku ekonomi kreatif di seluruh Indonesia.

Kampanye ini dieksekusi melalui eventroadshow ke 30 kota besar di seluruh Indonesia di kampus dan pusat perbelanjaan. Kegiatannya antara lain sharing ilmu terkait pemanfaatan digital beserta tips pengemasan hingga pemasaran. Acara tersebut mendapat perhatian cukup besar, terbukti dengan kehadiran pengunjung rata-rata lebih dari 300 per kota per tempat. Sementara, untuk awareness, Bukalapak juga mengunggah video kisah-kisah tentang para pelapak Pahlawan Ekonomi Kreatif pada kanal, di antaranya serial Mas Medok yang terdiri dari Pendekar Cireng, Ksatria Gudang Kayu, Sang Penakluk Malam, Misteri Jembatan Angker, dan Meniti Jalan Pulang.

Selain itu, Bukalapak juga menggandeng komunitas pelapak beberapa kota untuk rutin belajar dan tumbuh bersama dengan Bukalapak yang dikoordinasikan dengan para penggerak pelapak setiap kota agar tercapainya program kampanye yang berkesinambungan. Saat ini, Bukalapak telah memiliki

penggerak pelapak di hampir 20 kota di Indonesia.

Sejak kampanye ini digelar mulai dari Maret 2016 hingga saat ini, jumlah pelapak bertambah 450 ribu menjadi lebih dari 800.000 per Mei 2016. Lalu, terdapat 20 kota dan lebih dari 100 institusi selama tahun 2016 yang telah Bukalapak kunjungi untuk berbagi dan belajar bersama terkait pemanfaatan digital, dan ada 30 kota dimana komunitas pelapak yang telah terbentuk merupakan pahlawan ekonomi kreatif, dan Bukalapak serta Bekraf secara berkelanjutan akan mengembangkannya dengan berbagai aktivitas komunitas.

Juri PR of The Year 2016 Bambang Sumaryanto menilai kampanye ini berhasil bukan saja karena partisipasi dan liputan media, melainkan karena jumlah customer yang direkrut mampu melebihi dari target.

 

#PRofTheYear

#MixAward

#IDBestPRProgram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)