CRM atau Customer Relationship Management rupanya tidak hanya untuk para profesional penjualan. Menurut Alessandra Ceresa seperti dirilis oleh Business2Community.com, CRM adalah juga sebuah relationship management tool yang dapat digunakan oleh para praktisi PR (Pubic Relations). Sebagai mantan PR profesional, Alessandra pernah sukses memanfaatkan CRM untuk lima kepentingan ini.
#1 Contact Management
Masukan semua kontak media Anda ke dalam CRM. Dengan demikian, Anda akan dapat dengan mudah menemukan kontak yang Anda butuhkan, melihat semua informasi mereka, dan masih banyak lagi. Kebanyakan CRM mampu mendefinisikan secara kustom untuk membantu mengumpulkan dan menyimpan informasi tentang profil dari kontak yang Anda miliki, seperti di mana mereka bekerja, di mana mereka tinggal, dan banyak lagi.
#2 Track Your Media Contacts
Dengan sebuah CRM terpadu, Anda dapat mencari tahu apakah salah satu kontak Anda telah mengirim cerita atau membuka email yang Anda kirim, apakah mereka mengunjungi situs web Anda, atau melakukan beberapa tindakan lainnya. Sebuah CRM terpadu akan mampu menghimpun semua informasi tersebut. Dengan demikian, Anda pun dapat mengetahui siapa saja yang sebenarnya tertarik pada produk Anda.
#3 Schedule Follow Ups
Kemungkinan Anda menghabiskan banyak waktu untuk menindaklanjuti mereka yang telah Anda hubungi. Dengan CRM, Anda mampu mengaturnya. Anda pun dapat mengatur pemberitahuan (notifikasi) secara otomatis jika salah satu kontak Anda telah mengunjungi situs Anda, membuka email kiriman Anda, dan sebagainya.
#4 Tag for Better Organization
Tag setiap jurnalis, blogger, wartawan, dan sebagainya untuk membantu Anda mengatur dan menemukan kontak yang tepat ketika Anda membutuhkan mereka. Buatlah tag untuk setiap topik dan pastikan Anda menandai setiap kontak yang Anda telah tambahkan. Tag menjadi penting, terutama jika Anda ingin mencari media yang spesifik. Misalnya, ketika ingin mencari blogger teknologi yang mengkhususkan diri dalam aplikasi baru, Anda dapat dengan mudah memilah-milah kontak Anda dan menyasar pada orang yang tepat, hanya dengan menggunakan CRM.
#5 Develop More Personal Relationships
CRM memudahkan Anda mengumpulkan data lebih personal tentang kontak media Anda. Semakin banyak informasi yang Anda miliki, maka semakin baik Anda mengenal mereka sekaligus menghasilkan hubungan yang lebih dalam. Perlu diingat, sukses Public Relations bergantung pada hubungan Anda dengan stakeholders.