Mengintip Program "Nutrifood Health Agent Award"

Sebagai perusahaan yang berkomitmen menggalakkan gaya hidup sehat, Nutrifood memilih program Health Agent Award 2013 untuk mengkampanyekan visi dan misi perusahaan ini. Program yang digelar pada pertengahan November 2013 hingga Februari 2014 itu membidik mahasiswa, pedagang kantin sekolah dasar—sebagai agen hidup sehat untuk anak-anak sekolah dasar, hingga media untuk menjadi agen kesehatan yang dapat menginspirasi gaya hidup sehat sejak dini.

Program Nutrifood yang meraih penghargaan Indonesia's Best of the Best Social Campaign Program 2014 Program Nutrifood yang meraih penghargaan Indonesia's Best of the Best Social Campaign Program 2014

Menggandeng Departemen Kesehatan RI dan Badan Pengawas Obat dan makanan (BPOM), Nutrifood membagi dua kategori untuk awarding di puncak acara. Kategori pertama adalah mahasiswa, dengan mengundang mereka untuk mengikuti Kompetisi Proyek Kesehatan. Diharapkan proyek yang digagas mahasiswa—selaku agen perubahan—mampu menginspirasi masyarakat, seperti siswa dan guru.

Sementara itu, untuk menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif dalam mengimplemetasikan pola hidup sehat, diperlukan juga partisipasi semua pihak di sekolah, termasuk pedagang kantin. Oleh karena itu, Nutrifood membidik para pedagang kantin sekolah. Bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Nutrifood menggelar kegiatan audit sekaligus edukasi bagi pedagang kantin. Harapannya, Nutrifood dapat meningkatkan wawasan dan kesadaran para pedagang di sekolah agar menjual makanan yang sehat bagi para siswa-siswi sekolah dasar. Selain itu, Nutrifood juga menggelar kegiatan tambahan lewat program Media Briefing dengan tema serupa: edukasi kesehatan bagi anak-anak yang dilihat dari sisi lingkungan keluarga.

Demi mensukseskan program tersebut, Nutrifood memanfaatkan secara optimal saluran digital, sejak pre-event berupa publikasi acara untuk mengundang keikutsertaan peserta, dan pada saat acara berlangsung untuk mengamplifikasi dan meng-update kegiatan Health Agent Award melalui Twitter dengan hashtag #HealthAgent. Para peserta melalui akun media sosial-nya masing-masing, juga melakukan live-report aktivitas yang mereka lakukan selama aktivitas Health Agent berlangsung. Bahkan, Nutrifood turut memanfaatkan media sosial YouTube sebagai sarana informasi pasca event Health Agent Award.

Hasilnya, pada kategori Mahasiswa, Nutrifood menyaring 10 tim terpilih (dari total 116 pendaftar), dengan usulan proyek peningkatan kesadaran hidup sehat yang terbaik. Implementasi usulan tersebut kemudian dilaksanakan di 10 Sekolah Dasar pilihan Nutrifood –dipilih berdasarkan referensi sekolah dari kegiatan Kelas Inspirasi yang diadakan oleh komunitas Indonesia Mengajar.

Sebelum melaksanakan proyeknya, seluruh health agent mendapatkan kelas edukasi yang difasilitasi oleh Nutrifood dengan materi yang relevan dari para ahli di bidangnya, yaitu nutrisi seimbang dari Nutrifood Research Center, project planning dari komunitas Indonesia Mengajar, perilaku hidup bersih dan sehat dari Kementerian Kesehatan, serta keamanan pangan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Selain itu masing-masing tim juga mendapatkan dana dalam menjalankan proyeknya dari Nutrifood.

Dalam kegiatan itu, ke-10 tim Mahasiswa sebagai Health Agent, berhasil mengedukasi dan melibatkan 3.000 siswa-siswi Sekolah Dasar di 10 sekolah yang berbeda, dalam menjalankan proyek kesehatannya. Sementara itu, pada kategori pedagang, Nutrifood telah melibatkan 25 pedagang kantin di 10 sekolah pelakasanaan proyek Health Agent. Adapun media coverage yang didapatkan terkait rangkaian program Health Agent Award 2013 mencapai Return Of Investment sebesar 1:11.

Juri PR of The Year 2014 Bambang Sumaryanto menilai keunikan dan kelebihan program ini adalah dalam pelibatan beberapa stakeholders untuk melakukan gerakan edukasi jajanan sehat. Pemilihan mahasiswa sebagai agen sekaligus kompetisi merupakan langkah yang cerdas, karena mereka juga digunakan sebagai sarana untuk create Word of Mouth. #PRofTheYearIDN #PublicRelationsIDN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)