Public Relations

Menjawab Pertanyaan, Untuk Siapa Perusahaan Didirikan

Tahun 2011, setelah krisis keuangan, Michael Porter dan Mark Kramer menulis tentang konsep shared value (nilai bersama) di Harvard Business Review. Mereka mengatakan bahwa perusahaan memiliki perspektif yang ketinggalan jaman tentang penciptaan nilai. Menurutnya, perusahaan cenderung mengabaikan kesejahteraan pelanggan mereka; menipisnya sumber daya alam yang vital bagi bisnis; kelangsungan hidup pemasok utama dan tekanan ekonomi masyarakat di mana mereka menghasilkan dan menjual.

Dalam konteks itu, mereka mengatakan bahwa bisnis perlu menghubungkan kembali kesuksesan perusahaan dengan kemajuan sosial. Perusahaan harus membawa bisnis dan masyarakat kembali bersama melalui mendefinisikan kembali tujuan mereka untuk menciptakan “nilai bersama”. Dengan kata lain, nilai ekonomi dapat dihasilkan sedemikian rupa sehingga juga menjawab kebutuhan dan tantangan masyarakat, dan perusahaan tetap menghasilkan nilai bagi masyarakat.

Ini bukan sekadar tentang tanggung jawab sosial, filantropi atau bisnis yang keberlanjutan. Ini adalah cara baru untuk mencapai kesuksesan ekonomi dengan cara mendorong bisnis untuk bertindak sebagai entitas bisnis daripada sekadar pedonor amal. Porter berpendapat bahwa kebutuhan masyarakat menentukan pasar. Karenanya nilai ekonomi dan sosial dapat diperluas dan menciptakan kue pendapatan dan laba yang lebih besar. Ini sekaligua menciptakan keunggulan kompetitif dengan mendefinisikan nilai sebagai manfaat relatif terhadap biaya, bukan hanya manfaat saja.

Perusahaan dapat menciptakan nilai bersama dalam tiga cara: mengenang kembali produk dan pasar; mendefinisikan kembali produktivitas dalam rantai nilai; dan membangun kelompok industri yang mendukung di lokasi perusahaan.

Sambazon, perusahaan makanan dan minuman organik menggunakan bahan baku açaí berries dari hutan hujan Brasil. Tahun 2000, Ryan Black, CEO Sambazon, mendirikan perusahaan itu setelah menyadari bahwa para petani dapat memanen acai sebagai sumber daya terbarukan. Petani juga mendapatkan lebih banyak uang daripada mereka bekerja atau membuka usaha lain yang berpotensi merusak lingkungan seperti peternakan sapi dan penebangan kayu.

Pendiri Sambazon yakin bahwa yang mereka lakukan dapat mengubah dunia. Sekarang, perusahaan yang berbasis di San Clemente, California itu kini memberikan mata pencaharian 10.000 petani sekitar Amazon dan mengelola secara berkelanjutan lebih dari 2 juta hektar hutan hujan.

Black memandang “acai berry sebagai kendaraan untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan di Amazon dengan membuat pohon-pohon terlalu berharga untuk ditebang.” Dia mengembangkan perusahaan dengan memanfaatkan mekanisme pembiayaan pinjaman hijau seperti Root Capital dan EcoEnterprise Fund yang berinvestasi secara khusus dalam bisnis triple bottom line.

Tahun 2003, Kirin Co. mendirikan Divisi Creating Shared Value (CSV) dan menjadi perusahaan Jepang pertama yang melembagakan manajemen CSV. Pembuat bir itu memiliki tiga target untuk kegiatan CSV – berkontribusi kepada masyarakat setempat, berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat dan melindungi lingkungan.

Untuk kontribusi kepada masyarakat, Kirin mempromosikan produk-produk yang membuat masyarakat setempat merasa bangga dan membantu memperkuat ikatan antara masyarakat dan masyarakat. Kirin, misalnya, telah mengembangkan 47 jenis bir Ichibanshibori yang berbeda, jumlah yang sama dengan prefektur Jepang, membuat setiap jenis hanya tersedia di prefektur yang diwakilinya.

Perusahaan ini juga memproduksi dua produk baru, menggunakan pir dan buah persik yang tumbuh di Prefektur Fukushima, untuk seri minuman vodka yang populer di Hyoketsu. Meskipun Fukushima adalah produsen utama buah, ia telah mengalami stigma sejak krisis nuklir 2011, kata Masaya Hayashida, yang mengepalai divisi CSV Kirin. “Kami ingin menghapus kerusakan melalui produk kami,” katanya.

Para petani di Tono, Prefektur Iwate, yang lahannya juga rusak parah akibat Gempa Bumi Besar dan tsunami Jepang Timur Raya 2011, berhasil move-on dengan bantuan Kirin yang telah menggunakan hasil pertanian di kota itu dalam produksi birnya selama lebih dari 50 tahun.

Karena usia petani dan kekurangan penerus, produksi pir turun menjadi seperempat dari tingkat puncaknya. Untungnya, muncul petani baru yang lebih muda dan berekra di pertanian berkat program yang diluncurkan oleh Kirin untuk mendukung kaum muda yang ingin menjadi petani.

Kirin mempromosikan pengembangan minuman non-alkohol dan rendah kalori. Ini merupakan cara Kirin untuk berkontribusi pada kesehatan masyarakat orang. “Strategi CSV juga berhasil meningkatkan reputasi Kirin, meningkatkan penjualan produknya, dan banyak manfaat lain termasuk penghapusan citra negatif Kirin dari masalah lingkungan,” kata Hayashida.

Page: 1 2Lihat Semua

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Kosmepack dari J99 Corp. Tawarkan Solusi Packaging untuk Pelaku Industri Berskala Kecil hingga Besar

MIX.co.id - J99 Corp. memahami bahwa saat ini, persaingan usaha yang semakin ketat menjadi salah…

8 hours ago

Ninja Xpress Dorong UKM Optimalkan Strategi Affiliate Marketing

MIX.co.id – Affiliate marketing merupakan strategi pemasaran yang semakin banyak digunakan oleh para pelaku bisnis,…

20 hours ago

Ramai-Ramai KOL Me-Review Menu Kolaborasi Kanzler x Cupbop & Chatime

MIX.co.id - Platform media sosial (medsos) TikTok dan Instagram, kini tengah diramaikan oleh konten kolaborasi…

21 hours ago

Jepang Hadirkan Japan Pavilion di “The 10th World Water Forum 2024”

MIX.co.id - Tahun ini, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah “World Water Forum ke-10”. Forum air…

22 hours ago

Indosat dan Twimbit Luncurkan “Empowering Indonesia Report 2024” dan “Youth-Tech Challenge Competition”

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison bersama Twimbit merilis laporan bertajuk “Empowering Indonesia Report 2024”, pada…

22 hours ago

Ajinomoto Luncurkan Masako Bumbu Kaldu Jamur dengan Tiga Jenis Jamur Pilihan

MIX.co.id - Ajinomoto Indonesia kembali merilis inovasi terbarunya sekaligus mengembangkan produk halal, dengan meluncurkan Masako…

24 hours ago