Nissan Gt Kompetisi Balap Mobil Virtual 2016, Best of The Best Marketing PR Program

nissan

Kegiatan ini berhasil menjaring banyak peminat dan bahkan dari media, sehingga liputannya menjadi banyak. Dibanding tahun sebelumnya, salah satu keunggulan game ini adalah karena GT 2016 belum dirillis sehingga partisipasinya hanya bisa dilakukan secara online. “Keterbatasan ini justru dimanfaatkan menjadi peluang dan berhasil menjaring peserta lebih banyak,” komentar juri Indonesia PR of The Year 2016 Bambang Sumaryanto.

Nissan GT Academy adalah kompetisi balap mobil virtual to reality terbesar di dunia. Bekerja sama dengan PlayStation®, Nissan berusaha mewujudkan impian masyarakat Indonesia “menjadi pembalap profesional di ajang internasional”. Ini adalah kali kedua, setelah event serupa menuai sukses tahun lalu. Pada 2015 , aktivasi Nissan GT Academy berlangsung secara online dan offline dan berhasil menjaring lebih dari 15.000 peserta dan meraih mediacoverage Rp3,9 miliar.

Tahun ini, Nissan GT Academy 2016 dilakukan secara offline karena menggunakan software video games Gran Turismo Sport yang baru akan dirilis oleh Sony pada awal 2017—sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan secara online. Maka menjadi tantangan tersendiri ketika brand ingin program tahun ini menjangkau lebih banyak peserta dan coverargemedia. Nissan Motor Indonesia (NMI) menargetkan tingkat partisipasi masyarakat meningkat dari 15.000 peserta menjadi 20.000 peserta. Target peserta yang lebih banyak ini sesuai dengan tujuan NMI memperluas target pasar motorsport—istilah mereka mendemokrasikan dunia motorsport dan balap mobil di Indonesia.

Tantangan itu dijawab melalui strategi memaksimalkan penggunaan ‘paid’, ‘own’, dan ‘earned’ media dan merancang rangkaian aktivitas komunikasi yang komprehensif di semua lini, termasuk penempatan iklan, pemberitaan di media massa, serta aktivitas di media sosial.

Langkah awal yang dilakukan untuk menjawab tantangan tersebut adalah dengan menampilkan GT Academy Pod, yaitu simulator permainan Gran Turismo Sport, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Seminggu sebelum kick-off event, NMI mengumumkan penunjukkan pembalap perempuan muda Indonesia berbakat, Diandra Gautama, sebagai Brand Ambassador Nissan GT Academy 2016, sekaligus menjadi mentor para finalis Indonesia yang akan berlaga di Sirkuit Silverstone, Inggris. Selain karena prestasinya di ajang balap Indonesia, Diandra dipilih karena dianggap telah mewakili “demokratisasi” dunia balap yang selama ini didominasi oleh pria.

Local media gathering dan media challenge diadakan di setiap hari pertama rangkaian acara live recruitment di setiap kota. Local media gathering ditujukan agar masyarakat melalui media di wilayah tersebut mengetahui informasi mengenai penyelenggaraan acara Nissan GT Academy 2016.

NMI mengadakan tantangan tersendiri untuk jurnalis melalui program Media Challenge untuk memberikan pengalaman langsung kepada jurnalis tentang bagaimana rasanya berada di balik kemudi Nissan GT Pod, dengan harapan para jurnalis dapat menuliskan keseruan Nissan GT Academy 2016.

Nissan GT Academy 2016 juga menyediakan platform digital berupa microsite di alamat www.nisssangtacademy.co.id yang diluncurkan pada 8 Juli 2016. Microsite ini berfungsi sebagai sumber informasi peserta yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai kompetisi ini. Program ini dilengkapi dengan kompetisi di media sosial dengan hastag #GueWorldClassDreamers.

Bagaimana hasilnya? Sekitar 24.536 pengguna mengunjungi microsite sepanjang 8 Juli 2016 hingga 26 Agustus 2016 dengan pageviews mencapai 64.097. Sekitar 94,7% pengunjung berasal dari Indonesia, sementara 2,78% pengunjung microsite berasal dari Amerika Serikat. Sementara kompetisi #GueWorldClassDreamers berhasil meraih 304 submissions dengan engagementreach mencapai 168,397 dan impressions sebesar 1.699.733. Selain itu, muncul juga hashtag #NissanGTAcademyID yang di-posting oleh peserta Nissan GT Academy, menghasilkan 288 posts dengan engagement 1.358.908 reach dan 6.478.288 impressions. Sebagian besar engagement terjadi di platform Facebook, diikuti oleh Twitter dan Instagram. Secara keseluruhan, aktivitas live event recruitment Nissan GT Academy 2016 berhasil mendapatkan pemberitaan sebanyak 307 coverage dengan advertisingvalue sebesar Rp6,5 miliar.

 

#PRofTheYear

#MixAward

#IDBestPRProgram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)