Best of The Best Creative PR Program 2019
Program Public Relations (PR) sejatinya menjadi salah satu kanal komunikasi yang efektif dalam mengkampanyekan visi perusahaan. Pendekatan inilah yang digunakan Ruangguru, aplikasi bimbingan belajar terbesar di Indonesia, dalam menyampaikan visinya ke publik.
Diungkapkan Belva Devara, Pendiri dan CEO Ruangguru, visi Ruangguru adalah bagaimana teknologi dapat mendistribusikan konten-konten pembelajaran terbaik yang dapat dijangkau oleh seluruh anak Indonesia di manapun mereka berada.
Untuk mengkomunikasikan visi tersebut, Ruangguru menghadirkan program “Ruangguru The Movie: Meraih Mimpi di Atas Awan”. Dikemas dalam sebuah film, Ruangguru The Movie menyajikan kisah perjuangan seorang anak dalam meraih impiannya di tengah segala keterbatasan.
Film tersebut ditayangkan perdana pada akhir Agustus 2019(31/8), pukul 13.30-15.00 WIB. Ruangguru The Movie disiarkan secara serentak di stasiun televisi SCTV, Indosiar, dan aplikasi Ruangguru.“Harapannya, melalui film ini, pesan dan misi kami dapat diterima lebih baik oleh masyarakat Indonesia,” ia berharap.
Sepanjang tayangan berlangsung, Ruangguru juga mengajak para penonton untuk berpartisipasi melalui aplikasi Ruangguru untuk menebak alur cerita, memberikan komentar dan saran, hingga mengikuti kuis berhadiah jutaan rupiah. Komentar atau kesan yang diberikan para penonton,juga muncul secara langsung selama tayangan tersebut berlangsung.
Ruangguru The Movie dibintangi oleh pemain layar lebar Omar Esteghlal, yang sebelumnya sempat bermain dalam film Dillan 1990 dan Dillan 1991 serta Cut Syifa, yang dikenal melalui sinetron naik daun yang banyak digemari oleh remaja. Selain keduanya, turut terlibat juga berbagai bintang Indonesia ternama, seperti Mona Ratuliu dan Arswendi Nasution.
Ditambahkan Iman Usman, Pendiri dan CPO Ruangguru, kisah Ruangguru The Movie lahir dari berbagai kisah perjuangan inspiratif dari anak-anak Indonesia dalam meraih pendidikan yang berkualitas. “Tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak anak-anak yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan pendidikan berkualitas. Lantaran, keterbatasan biaya atau keberadaan lokasi yang tidak strategis,” ucapnya.
Hal itu, menurut Iman,diperkuat denganhasil riset internal yang dilakukan oleh Ruangguru, yang menjumpai mayoritas pelajar yang diterima di perguruan tinggi negeri berasal dari kota-kota besar. “Hadirnya aplikasi belajar seperti Ruangguru memungkinkan semua orang untuk memiliki kesempatan yang sama dan mendapatkan pendidikan berkualitas,” ujarnya.
Melalui Ruangguru The Movie, Iman berharap, aneka kisah inspiratif anak-anak Indonesia yang memiliki semangat dan daya juang yang tinggi dalam mewujudkan mimpi mereka dapat tersebar luas.
Selain menayangkan film di televisi nasional, pada akhir Agustus 2019 (31/8), Ruangguru juga menyiarkan episode pertama dari putaran “Semifinal Nasional Ruangguru Champion” di stasiun televisi GTV. “Ruangguru Champion merupakan ajang cerdas cermat tingkat nasional untuk memunculkan tokoh-tokoh pelajar baru yang dapat menjadi inspirasi bagi seluruh pelajar di Indonesia” terang Belva.
Sebelumnya, Ruangguru telah melakukan seleksi secara nasional dengan melibatkan 150 sekolah terbaik di Indonesia berdasarkan hasil Ujian Nasional 2019. Dari proses tersebut, para perwakilan daerah dari seluruh Indonesia berkompetisi, untuk kemudian terpilihlah 20 semifinalis SMA dan 20 finalis SMP yang akan berkompetisi pada putaran Semifinal Nasional Ruangguru Champion.
Kompetisi itu memperebutkan hadiah utama sebesar Rp 100 juta untuk satu pemenang SMP dan satu pemenang SMA. Selain itu, di Semifinal Nasional Ruangguru Champion, penonton juga dapat mendukung finalis favorit mereka melalui aplikasi Ruangguru. Sekolah asal dari peserta favorit nantinya akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 50 juta untuk mendukung kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler sekolah.