Strategi Marketing PR di Balik Album Baru Taylor Swift

Berbicara tentang mempubliskasikan album baru, menurut Washingtonpost.com, Taylot Swift adalah ahlinya. Alih-alih merilis album di tengah malam atau langsung menjual di iTunes library, Swift memiliki proyek event internasional. Antara lain tampil di cover berbagai majalah di seluruh dunia, mulai dari majalah People hingga British Vogue. Swift bahkan menceritakan detail album-nya di rubrik menu utama beberapa majalah, seperti di majalah Rolling Stone.

Taylor Swift Penampilan Taylor Swift di Festival Musik iHeartRadio 2014 di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas (Ethan Miller/washingtonpost.com).

Lalu, dia juga muncul di berbagai talkshow dan menjadi guest-mentor di acara “The Voice”. Selain itu, Swift juga mengundang fans setianya untuk hadir di sebuah pesta dimana mereka bisa mendengarkan preview lagunya. Bahkan, pesta yang bertajuk '1989 Secret Sessions' tersebut digelar di rumahnya sendiri.

Intinya adalah Swift merilis album baru dengan penuh strategi. Pertama dia merilis satu lagu, kemudian baru rilis album berminggu-minggu setelahnya, diikuti dengan teaser foto yang diunggahnya di akun pribadi di Instagram. Antisipasi mencapai histeria pada Senin (13/10) malam lalu. Swift merilis lagu baru "Out of the Woods" di iTunes pada pukul 11 malam. Lima jam sebelum lagu dirilis, hashtag #5HoursUntilOutOfTheWoods menjadi trending topics dunia.

Menurut Washingtonpost.com, salah satu faktor terciptanya rasa penasaran publik yang tinggi diungkapkan Swift di majalah Rolling Stone, bahwa di lagu tersebut ia menceritakan tentang salah satu kisah cintanya yang sulit dijalani. “Setiap hari harus dilalui penuh perjuangan. Membuat rencara hidup terasa sulit. Kami hanya ingin mencoba agar hubungan bisa bertahan hingga minggu selanjutnya,” ungkap Swift tentang lagunya. Pernyataannya tersebut membuat penasaran publik mengenai hubungan dengan siapa yang Swift maksud.

Banyak yang menduga lagu tersebut menceritakan hubungannya dengan personel group One Direction, Harry Styles. Tapi intinya adalah, di majalah itu, Swift menceritakan tentang kecelakaan mobil salju yang dituangkan dalam lirik lagu tersebut. “Remember when you hit the brakes too soon/Twenty stitches in a hospital room. When you started crying/Baby, I did too”. Lirik tersebut membuat orang semakin yakin lagu Out of the Woods menceritakan hubungannya dengan superstar Harry Styles. Dan saat para fans berusaha membedah lirik mencari tahu siapa orang yang dimaksud, Swift telah menggunakan strategi marketing PR yang genius. Puncak dari rasa penasaran ini adalah pre-order albumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)