Evolve, promote, dan protect. Ketiga hal tersebut diyakini sebagai kekuatan utama Edelman, dan yang membedakannya dengan agensi komunikasi lain. Evolve berarti perusahaan selalu mengupayakan perkembangan klien; promote berarti Edelman selalu berupaya menciptakan aktivitas promosi yang kreatif dan bermanfaat bagi klien; lalu protect, Edelman selalu berkomitmen menjaga reputasi dan brand klien. Tak heran di akhir tahun fiskal ini (Juni 2015), agensi PR asal Amerika itu mampu meraih pendapatan USD 5 juta. “Tahun tersebut merupakan tahun yang solid bagi kami, walaupun di tengah-tengah pelemahan pertumbuhan GDP Indonesia,” tukas Managing Director sekaligus Corporate & Public Affairs Edelman Indonesia, Aries Nugroho.
“Kami senantiasa berupaya membantu brand mencapai berbagai keberhasilannya dengan cara membangun hubungan yang baik terhadap target market mereka. Bagaimana caranya? Antara lain melalui metode storytelling dan publikasi yang terintegrasi antara paid, earned, owned dan shared coverage,” ujar Arief.
Selama 23 tahun hadir di Indonesia, Edelman tercatat telah menciptakan beragam kampanye publik untuk sejumlah kliennya, baik melalui liputan media maupun konsep audience-conversation secara luas. Edelman juga menawarkan program aktivasi melalui beragam channel, termasuk social media atau digital channel, iklan berbayar lewat berbagai media massa, serta owned channels atau channel komunikasi yang dimiliki oleh klien, bukan hanya melalui medium tidak berbayar (public relations).
Di Indonesia, Edelman memiliki tim dengan jumlah konsultan corporate PR terbanyak yang didukung dengan kemampuan strategis di bidang krisis dan komunikasi politik. Bahkan untuk memperkuat people, saat ini Edelman juga telah membangun tim yang sangat kuat di bidang brand & digital business dengan menggabungkan talenta kreatif antara kemampuan sebagai planners maupun strategist dari ad agency sebagai upaya menyediakan layanan konsultansi komunikasi yang terintegrasi bagi klien.
“Kami memiliki realtime digital newsroom serta kemampuan analisis yang mendalam terhadap online engagement. Sehingga hal itu membuat kami terdepan di bidang corporate dan crisis digital communications korporasi di Indonesia,” klaim Aries yang sebelum di Edelman sempat bergabung di Ogilvy PR selama hampir empat tahun dengan posisi terakhir sebagai GM Client Service Director.
Klien Edelman berasal dari sektor yang beragam, yaitu pertambangan, minyak dan gas, keuangan,perbankan, telekomunikasi, fast moving consumer goods (FMCG), pariwisata, teknologi informasi, organisasi multilateral, serta institusi pemerintahan. Di antaranya adalah Aberdeen, APEC Secretariat, ASEAN Secretariat, Bosch, Bridgestone, Chevron, Commonwealth Bank, DBS Bank, the European Union, Gunung Sewu, Newmont, Rajawali Group, dan Singapore Tourism Board.
Dengan segala kekuatan yang dimiliki Edelman, tahun 2015 ini Edelman diganjar penghargaan Agency of The Year 2015 oleh Majalah MIX Marketing Communication untuk kategori Public Relation (PR) Agency. Penghargaan tersebut dihasilkan melalui survei ke para praktisi pemasaran dari beragam industri, yang notabene sebagai user dari setiap layanan yang agensi tawarkan. #AgencyOfTheYear2015IDN