Categories: TIPS

Begini Cara Menjawab Keluhan Konsumen di Social Media

Menjamurnya smartphone, sosial media, dan layanan koneksi internet telah mengubah pola perilaku konsumen dalam menyampaikan keluhan mereka kepada brand. Tidak hanya itu, jumlah konsumen yang menyampaikan keluhan kepada brand juga terus mengalami peningkatan pesat.

Brand harus dapat menyikapi tren penyampaian keluhan melalui sosial media dengan baik

Menurut Jay Baer, sebagaimana dilansir oleh situs http://www.entrepreneur.com, brand dituntut untuk cepat memberikan respon atas keluhan yang disampaikan oleh konsumen. Menurut sebuah studi, 39 persen netizen yang mengemukakan keluhan mereka kepada brand di sosial media mendapat jawaban langsung dalam kurun waktu satu jam. Namun masih banyak brand yang membutuhkan waktu lebih lama dari itu untuk memberi respon terhadap keluhan konsumen. Masih menurut sebuah studi yang diungkap oleh Baer, brand membutuhkan waktu rata-rata 4.99 jam dalam memberikan respon kepada keluhan konsumen.

Apa yang terjadi jika brand tidak menjawab keluhan konsumen di sosial media? Menurut Baer, hal tersebut dapat menurunkan hampir 50 persen tingkat costumer advocacy. Sebaliknya, jika brand memberikan respon terhadap keluhan, maka costumer advocacy akan meningkat sebesar 20 persen.

Lalu bagaimana caranya agar brand dapat mempersingkat jarak waktu antara keluhan konsumen dengan jawaban resmi mereka? Berikut ini adalah beberapa tips yang dikemukakan oleh Baer:

1. Gunakan sebuah Radar Komplain
Brand harus mampu menjaring feedback konsumen melalui berbagai channel sosial media seperti Twitter, Facebook, dan sebagainya. Menghadirkan layanan cepat artinya Anda harus cepat di segala channel, bukan hanya pada channel yang Anda cari. Gunakan layanan software untuk mampu menjaring keluhan pada setiap channels. Ketika Anda mengetahui tempat-tempat mana saja konsumen mendiskusikan brand Anda, para staff Anda akan mampu mengatasi isu dengan lebih cepat.

2. Berkomitmen untuk Semakin Cepat Setiap Waktu
Pelajari waktu rata-rata yang dibutuhkan oleh tim Anda dalam menjawab keluhan konsumen. Pastikan bahwa waktu rata-rata tersebut semakin lama semakin singkat. Memang, butuh waktu dan usaha untuk mencapai hal tersebut. Namun dengan adanya target yang jelas, progres yang terukur, dan penemuan cara-cara yang efektif untuk mempersingkat waktu, maka bukan hal mustahil jika pelayanan Anda di sosial media lama kelamaan akan semakin cepat.

3. Menetapkan Ekspektasi Servis
Ada beberapa keluhan yang tidak dapat langsung diberikan jawaban dengan cepat oleh tim Anda. Namun, buatlah konsumen Anda tahu perkiraan waktu kapan mereka akan mendapat jawaban Anda. Contohnya, jika brand Anda hanya mampu menjawab keluhan di Twitter antara pukul 09.00 hingga 17.00 pada hari Senin hingga Sabut, tulislah informasi itu di Bio Twitter Anda.

4. Izinkan “Front Office” Anda Mengambil Keputusan
Jika para front office diwajibkan untuk meminta saran atasannya untuk mengatasi masalah, mustahil Anda dapat memberikan respon yang cepat kepada konsumen Anda. Doronglah tim frontline Anda untuk dapat membuat keputusan dan menyelesaikan masalah secara independen namun tetap sesuai dengan koridor yang ditetapkan oleh brand.

Eky Ilmastuty

Recent Posts

Tecno Spark 20 Pro+ Raih Penghargaan Platinum di “MUSE Design Award 2024”

MIX.co.id - Usai diluncurkan pada Februari 2024 lalu, Tecno Spark 20 Pro+ yang merupakan salah…

11 hours ago

Airscream UK Hadir di JIVE Expo 2024, Ajak Pengunjung ‘Scream Out Load’

MIX.co.id – Airscream UK, merek vape atau rokok elektrik asal Briston, Inggris, semakin agresif meningkatkan…

1 day ago

KGSB Kembali Gelar Pelatihan Psychological First Aid Batch II

MIX.co.id - Merujuk survey yang dilakukan Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS) 2022 lalu, 1…

2 days ago

Foot Locker Gandeng IBL dan Umumkan Tiga Brand Ambassador

Brand Marketing Senior Manager Foot Locker Indonesia Vitra Widinanda, memberikan keterangan pers saat mengumumkan Brand…

2 days ago

Formula Gelar Kampanye “Awal Kekuatan Beribu Kebaikan” di 2024

MIX.co.id - Merujuk audit ritel yang dilakukan oleh Nielsen Indonesia, Sikat gigi Formula dari OT…

2 days ago

Penjualan Tembus 50 Ribu Pieces, Implora Luncurkan Peeling Gel Ukuran Besar

MIX.co.id - Sejak diluncurkan pada Maret 2024 lalu, Implora berhasil menjual Peeling Gel berukuran 50…

2 days ago