Corcomm & PR

REPUTASI VS. IMAGE: MENGATASI KRISIS PRODUK DAN MENYELAMATKAN KEPERCAYAAN PELANGGAN

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah komunikasi dua arah. Strategi komunikasi yang efektif melibatkan komunikasi dua arah antara organisasi dan pemangku kepentingan. Organisasi harus mendengarkan umpan balik dan kebutuhan pemangku kepentingan dan merespon secara tepat.

Menurut Grunig & Hunt (1984), strategi komunikasi yang efektif melibatkan dialog antara organisasi dan pemangku kepentingan. Dengan melakukan dialog, organisasi mempunyai peluang untuk mendengarkan umpan balik dan kebutuhan pemangku kepentingan, dan merespon secara tepat.

Mendengarkan umpan balik dan kebutuhan pemangku kepentingan, serta merespon secara tepat, menurut Ansoff & McDonnell (1990), memberi peluang kepada organisasi untuk menciptakan keunggulan bersaing, terutama di dunia bisnis. Dalam buku “Implanting Strategic Management,” Ansoff dan McDonnell (1990) berpendapat bahwa organisasi yang responsif terhadap kebutuhan dan harapan pemangku kepentingannya akan lebih mampu menciptakan dan mempertahankan posisi yang kompetitif di pasar.

Organisasi yang efektif dalam mendengarkan dan merespon umpan balik serta kebutuhan pemangku kepentingan akan lebih adaptif terhadap perubahan dan tantangan pasar, lebih baik dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, karyawan, dan mitra, serta lebih efisien dalam mengidentifikasi dan mengeksploitasi peluang baru.

Mendengarkan dan merespon kebutuhan pemangku kepentingan juga membantu organisasi untuk meningkatkan produk dan layanan mereka, meningkatkan kualitas, mengurangi biaya, dan mengembangkan inovasi yang menciptakan nilai tambah bagi pelanggan dan bisnis. Keunggulan kompetitif yang dihasilkan dari pendekatan ini dapat membantu organisasi untuk tumbuh, mempertahankan pangsa pasar, dan mencapai keberlanjutan jangka panjang.

Referensi:

Ansoff, H. I., & McDonnell, E. (1990). Implanting strategic management (2nd ed.). Prentice Hall.

Cornelissen, J. P. (2017). Corporate communication: A guide to theory and practice (5th ed.). SAGE Publications Ltd.

Fombrun, C. J., & Van Riel, C. B. M. (2004). Fame & Fortune: How Successful Companies Build Winning Reputations. FT Press.

Freeman, R. E. (2010). Strategic management: A stakeholder approach. Cambridge University Press.

Grunig, J. E., & Hunt, T. (1984). Managing public relations. Holt, Rinehart and Winston.

Coombs, W. T. (2014). Ongoing crisis communication: Planning, managing, and responding (4th ed.). SAGE Publications.

Page: 1 2 3Lihat Semua

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Dicoding Rilis Peta Jalan Talenta Informatika Menuju Indonesia Emas

MIX.co.id - Perusahaan edukasi teknologi di Indonesia, Dicoding, menggelar "Dicoding Connect 2025: Indonesia’s Tech Education…

2 days ago

Gandeng Mahasiswa Universitas Indonesia, Ellips Gelar Edukasi Kesehatan Rambut

MIX.co.id - Ellips berkolaborasi dengan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP…

2 days ago

Ini Deretan Inisiatif Keberlanjutan dari AWS

MIX.co.id - Amazon Web Services (AWS) memiliki misi tidak hanya tentang inovasi, tetapi juga menciptakan…

2 days ago

Ini Alasan Mengapa Pengguna Paylater Harus Menjaga Skor SLIK

MIX.co.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan dukungannya pada program pemerintah terkait penyediaan rumah bagi…

2 days ago

MS Glow Apresiasi Mitra Bisnis melalui Perjalanan Bersama ke Spanyol

MIX.co.id - MS Glow dari J99 Corp. kembali mengapresiasi para mitra bisnisnya, termasuk komunitas Elite…

2 days ago

Sepanjang 2024, Laba Bersih WOM Finance Tumbuh 11,21%

MIX.co.id - PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. (WOM Finance) berhasil mencetak kinerja keuangan yang positif…

2 days ago