Bantu Korban Erupsi Semeru, NET dan Dompet Dhuafa Hadirkan Posko Medis dan Taman Ceria

MIX.co.id - NET berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa membantu pengungsi korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Selama beberapa hari, kedua lembaga tersebut menghadirkan berbagai layanan untuk pengungsi dan taman bermain guna membantu pemulihan trauma anak korban erupsi di posko pengungsian SMA Candipuro, Lumajang.

Sejumlah NET Good People dan relawan Dompet Dhuafa turut terlibat menghadirkan pos bantuan makanan dan kesehatan, pencucian pakaian, serta “Taman Ceria” untuk anak di posko pengungsian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPD) Propinsi Jawa Timur tersebut.

Dituturkan Nugroho Agung Prasetyo, AVP Brand Communications NET, dalam siaran pers yang diterima MIX hari ini (15/12), sebagai lembaga penyiaran nasional, NET berbagi peran dengan lembaga sosial seperti Dompet Dhuafa dalam membantu pengungsi korban erupsi Gunung Semeru.

“NET dan Dompet Dhuafa bekerja sama mendorong peran partisipatif berbagai kalangan untuk terlibat bersama membantu para pengungsi. Kami berterima kasih atas bantuan para donasi yang sudah ikhlas bersedekah untuk kebaikan, serta peran aktif NET Good People dan para relawan Dompet Dhuafa yang hadir berbagi peran membantu keluarga terdampak erupsi di Lumajang dan daerah lainnya," ungkap Agung.

NET dan Dompet Dhuafa mendirikan “Posko Medis” untuk layanan kesehatan pengungsi, termasuk layanan pengobatan tradisional bekam dan herbal. Untuk pasokan makanan pengungsi korban erupsi, NET dan Dompet Dhuafa membuat “Dapur Keliling” yang membantu pendistribusian paket makanan, termasuk berkeliling dengan motor untuk mendistribusikan makanan ke sejumlah warga yang daerahnya sempat terisolir.

Di pojok pengungsian, sejumlah relawan NET Good People dan Dompet Dhuafa juga aktif menyediakan “Pojok Laundry” yang menyediakan layanan pencucian pakaian gratis untuk para pengungsi dan “Pos Hangat” menyediakan minuman hangat bagi para pengungsi.

Selain itu, NET dan Dompet Dhuafa juga turut berbagi peran membantu rehabilitasi psikis anak-anak pengungsi korban erupsi dengan menghadirkan “Taman Ceria” di lokasi pengungsian berupa arena permainan anak, serta kehadiran psikolog yang membantu menjaga kesehatan mental anak-anak.

Data Posko per 14 Desember 2021, menunjukkan total jumlah pengungsi akibat erupsi Gunung Semeru sebanyak 10.158 jiwa. Korban meninggal akibat dampak erupsi Gunung Semeru sementara tercatat di awal pekan ini sebanyak 48 orang, sedangkan data jumlah korban kumulatif rawat jalan di puskesmas dan posko kesehatan mencapai 2.004 jiwa. Populasi warga terdampak tersebar di 151 titik pengungsian. Konsentrasi para penyintas cukup besar teridentifikasi di 19 titik yang berada di tiga kecamatan, yaitu Candipuro 8 titik dengan 4.156 jiwa, Pasirian 7 titik (1.518) dan Pronojiwo 4 titik (1.056).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)