P&G Ekspansi Program "Conscious Living" ke DKI Jakarta

MIX.co.id -  Sukses menggelar program "Conscious Living" di daerah Jawa Barat, pada Juni ini, P&G Indonesia bersama start up Octopus melakukan ekspansi program tersebut ke DKI Jakarta.

Program kelola daur ulang sampah plastik yang didukung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta tersebut dihadirkan untuk mencapai skala dan menghasilkan dampak yang lebih besar.

Dilansir dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), total sampah nasional pada tahun 2021 mencapai 68,5 juta ton. Dari jumlah itu, sebanyak 17 persen, atau sekitar 11,6 juta ton, didominasi oleh sampah plastik. Wilayah DKI Jakarta sendiri menduduki peringkat penyumbang sampah ke-3 dengan berkontribusi sebesar 2,59 juta ton sampah.

Dalam upaya mencari solusi dari penanggulangan sampah plastik dan memastikan bahwa tidak lagi ada sampah sachet, plastik multilayer, dan HDPE yang mengotori lingkungan, serta edukasi untuk peggunaan plastik secara bertanggung jawab, P&G Indonesia menggelar program Conscious Living.

Di program ini, P&G Indonesia memilih Octopus Indonesia sebagai platform ekonomi sirkular yang telah memiliki berbagai pengalaman dan telah berhasil dalam menanggulangi sampah dari hulu ke hilir.

Melalui program Conscious Living, kemasan sachet atau multilayer dan plastik HDPE dari produk-produk P&G akan dikumpulkan oleh masyarakat provinsi DKI Jakarta atau konsumen P&G. Para pengguna akan mengakses aplikasi mereka untuk menyetorkan sampah produk P&G dengan menghubungi pelestari Octopus melalui aplikasi. Kemudian, pelestari akan datang dan mengambil sampah kemasan produk yang sudah dikumpulkan dan dipilah oleh konsumen. ​​Selanjutnya, sampah tersebut akan diserahkan kepada pengusaha pengolah sampah dan sampah yang telah dikumpulkan ini akan diproses dan diolah menjadi sumber energi terbarukan, sehingga tidak sampai ke Tempat Pembuangan Akhir.

Dituturkan Ariandes Veddytarro, Sustainability Champion P&G Indonesia, “Kami sangat senang sekali bahwa melalui program pertama di Jawa Barat, saat ini kami telah melebihi target 1 tahun, yang kami capai hanya dalam jangka waktu 8 bulan. Ada lebih dari 20 ribu penduduk di provinsi Jawa Barat telah menyetorkan 35,1 ton sampah plastik produk P&G ke partner kami, Octopus Indonesia. Program Conscious Living di provinsi Jawa Barat juga telah menjangkau sebanyak 2.916 pelestari, di mana 54% pelestari merupakan perempuan, dan 54 di antarannya merupakan kaum disabilitas."

Lebih jauh ia menegaskan bahwa program ini juga telah terbukti memberikan dampak ekonomi yang baik bagi para penerima manfaat, yaitu dengan memberikan pemasukan tambahan hingga Rp 350.000 - Rp 800.000 per bulannya.

Kali ini, dalam rangka menyambut ulang tahun DKI Jakarta yang ke 495, P&G Indonesia bersama dengan Octopus memberikan hadiah kepada Ibukota dengan turut hadir dan berpartisipasi untuk membantu menanggulangi permasalahan sampah di DKI Jakarta.

“Program ini adalah hadiah kami untuk ibu kota Jakarta, dimana kami berkomitmen untuk dapat mengelola 40 ton sampah plastik di DKI Jakarta serta melibatkan 30.000 masyarakat DKI Jakarta agar menjaga kelestarian lingkungan dengan menyetorkan sampah rumah tangganya. Selain penanggulangan sampah, kami pun memiliki target untuk menjangkau 3.500 Pelestari dari berbagai latar belakang profesi hingga kondisi ekonomi guna memberikan manfaat yang baik bagi kehidupan mereka,” imbuh Ariandes.

Moehammad Ichsan, Co-Founder dan CEO Octopus Indonesia, menyampaikan, “Kami sangat bangga bahwa Octopus bersama program Conscious Living dapat diperluas ke wilayah DKI Jakarta. Selain turut bertanggung jawab untuk mengatasi sampah di DKI Jakarta, kami membuka luas kesempatan bagi semua pihak yang terlibat untuk dapat merasakan manfaat dari nilai-nilai yang dihasilkan terhadap sampah yang dikumpulkan, pihak-pihak tersebut diantaranya adalah konsumen, pelestari, dan para pengepul sampah."

Sementara itu, Ir. H. Ahmad Riza Patria, M.B.A selaku Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta menyambut dengan bahagia saat diluncurkannya program Conscious Living di wilayah DKI Jakarta.

“Saya mewakili seluruh jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mendukung penuh kerja sama antara P&G Indonesia dan Octopus. Hingga saat ini kami memang terus berupaya untuk memfasilitasi masyarakat dan para pelaku usaha untuk mengelola sampah, memanfaatkan, serta mengembangkan hasil daur ulang. Conscious Living ini merupakan program yang selaras dengan misi kami dalam hal pengelolaan sampah plastik di DKI Jakarta," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)