MIX.co.id - Sepanjang 2024, Smartfren telah menggelar rangkaian program corporate social responsibility (CSR) melalui lima pilar. Diungkapkan Marco Sumampouw, Direktur Smaratfren, implementasi kelima pilar CSR tersebut sejalan dengan Smarfren Panca Garda, yang selama ini menjadi nilai-nilai perusahaan (corporate values), yakni Garda Stabilitas, Garda Budaya, Garda Persatuan, Garda Lingkungan, dan Garda Pertumbuhan.
Tak hanya sejalan dengan Panca Garda, sejatinya berbagai inisiatif keberlanjutan yang dijalankan Smartfren juga untuk mencapai SDGs (Sustainable Development Goals), yang merupakan program pembangunan berkelanjutan yang telah disusun negara-negara anggota PBB pada 2015 dan diharapkan tercapai pada 2030.
Lebih jauh ia menjelaskan, pilar pertama dari CSR Smartfren adalah Teman Pintar Indonesia. “Teman Pintar adalah wujud nyata pelaksanaan Garda Stabilitas, yaitu edukasi ke generasi muda tentang literasi digital dalam empat pilar, yakni digital skill, digital ethics, digital safety, dan digital culture. Salah satu inisiatif yang dijalankan adalah Generasi Konten Cerdas & Kreatif," ujarnya.
Dalam inisiatif tersebut, Smartfren juga melakukan kerja sama dengan institusi pendidikan, universitas, dan Perpustakaan Nasional. Hasilnya, selama tahun 2024, Teman Pintar Indonesia telah menyelenggarakan 209 events dengan total peserta 18.245 orang. Sejatinya, inisiatif ini selaras dengan SDGs ke-4, Pendidikan Berkualitas atau Quality Education.
Pilar kedua, Teman UMKM Indonesia. Sebagai implementasi dari Garda Pertumbuhan, program Teman UMKM membantu praktisi UMKM untuk belajar digital skill yang berguna untuk meningkatkan kinerja bisnisnya. Salah satu inisiatif yang dijalankan adalah “UMKM Go Digital, Bisa Naik Kelas!”
Dipaparkan Marco, pada tahun 2024, inisiatif tersebut sudah hadir di 13 provinsi, 30 Kota dan 21 kabupaten. Total, ada 5.204 UMKM binaan serta telah dilaksanakan lebih dari 106 pelatihan dan pendampingan. Sejatinya, inisiatif ini sejalan dengan selaras dengan SDGs ke-8, Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (Decent Work and Economic Growth) serta SDGs ke-10 yakni Berkurangnya Kesenjangan (Reduced Inequality).
Pilar ketiga, Bunda Pintar. Selaras dengan SDGs ke-5, Kesetaraan Gender (Gender Equality), Smartfren juga menggelar inisiatif “Perempuan Berdaya di Era Digital”. Inisiatif tersebut, lanjut Marco, untuk mewujudkan komitmen Garda Persatuan.
“Program Bunda Pintar berfokus pada peningkatan literasi digital untuk mendukung perempuan dalam berbagai peran dan cita-cita mereka, baik sebagai ibu rumah tangga, istri, dan profesional. Di tahun 2024, telah dilaksanakan 32 workshop Bunda Pintar dengan peserta berjumlah 1.651 orang,” ungkapnya.
Pilar keempat, Teman Bijak Bumi, yang selaras dengan SDGs ke-12, Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab (Responsible Consumption and Production) serta Industri, inovasi, dan infrastruktur (industry, innovation, and infrastructure). Melalui inisiatif “Teknologi Ramah Lingkungan”, Smartfren mewujudkan komitmen Garda Lingkungan.
Melalui inisiatif tersebut, Smartfren mempelopori produk e-SIM (electronic SIM card) ke pelanggan sejak tahun 2019. Selain itu, melalui Smartfren Community, Smartfren secara konsisten melakukan edukasi Pilah Sampah dan Lingkungan bekerja sama dengan bank- bank Sampah. “Di tahun 2024, telah dilaksanakan 25 event lingkungan dengan peserta 1.044 orang,” terang Marco.
Pilar kelima, Teman Kreasi Indonesia, yang selaras dengan SDGs ke-17, Kemitraan untuk Mencapai Tujuan (Partnerships for the Goals). Melalui inisiatif “Wadah Asik Para Kreator Muda”, imbuh Marco, Smartfren merealisasikan Garda Budaya.
“Insiatif ini memfasilitasi anak-anak muda dalam sebuah content creator academy. Mereka dilatih untuk membuat konten secara konsisten untuk mengangkat konten dan konteks budaya lokal daerah mereka di media sosial. Di tahun 2024, telah dilaksanakan 9 workshop dengan peserta binaan berjumlah 384 orang,” urainya.
Hasilnya, sepanjang 2024, Smartfren meraih total 30 penghargaan atas kontribusi sosial yang diberikan melalui peningkatan literasi digital, dengan fokus pada UMKM; serta produk terbaik untuk kebutuhan dalam mendukung kebutuhan digital masyarakat. Penghargaan tersebut antara lain Fortune Top 100 Companies, CSR & PDB Awards Kementerian Desa & Transmigrasi, Indonesia Corporate Sustainability Initiatives 2024, Indonesia PR Program of The Year 2024, Indonesia DEI & ESG Awards 2024, hingga IDX Channel Anugerah ESG Indonesia 2024.