Corporate Social Initiative

Frisian Flag Edukasi Nutrisi Melalui GerNus

Inisiatif Frisian Flag bertajuk “Gerakan Nusantara” (GerNus) kembali digelar di tahun ini. Program GerNus yang telah dirilis sejak tahun 2013 itu merupakan salah satu upaya Frisian Flag dalam menjawab tantangan hasil dari SEANUTS (South East Asia Nutrition Survey) terkait isu-isu malnutrition.

Dijelaskan Refa Hayudi Griyanda, Corporate Sustainability Development Manager Frisian Flag Indonesia, “Kami melihat anak-anak Indonesia ada yang kekurangan gizi, termasuk stunting dan obesitas. Ditambah lagi anak-anak Indonesia memiliki kekurangan vitamin D, tergambar dari pola aktivitasnya yang kurang aktif. Dari situ muncul ide untuk bagaimana caranya kami langsung bertindak. Selain itu, kami paham dan aware tentang konsumsi susu di indonesia itu tidak naik-naik. Dari dulu, angkanya hanya 10-11 liter per kapita.”

Oleh karena itu, GerNus memiliki dua objektif. Pertama, meningkatkan konsumsi susu dan membiasakan anak-anak untuk minum susu. Kedua, mengajak mereka untuk mengikuti gaya hidup sehat dan aktif. “Kegiatan pertama kali adalah sosialisasi ke 250 sekolah. Kegiatannya yakni edukasi, ajakan untuk bergaya hidup sehat dan aktif, dan supplay susu,” tuturnya yang menyebutkan bahwa program GerNus telah menjangkau 750 sekolah.

Tahun 2016, GerNus melakukan edukasi tidak hanya ke anak-anak, tetapi juga kepada guru lewat program ToT (Training of Trainers). Harapannya, guru dapat menyebarluaskan pengetahuan gizi untuk anak-anak ke depannya. “Tahun 2018 ini, kami berfokus kegiatan dengan ToT di tiga wilayah, terutama di Indonesia bagian Timur, seperti di Sorong (Papua Barat), Kupang (NTT), dan Malang (Jawa Timur),” urainya.

Kegiatan ToT dilakukan oleh tim-tim expert. Frisian Flag juga berkolaborasi dengan dinas pendidikan setempat. “Kegiatan lainnya berupa kegiatan mandiri, pendistribusian produk susu, dan materi-materi edukasi gizi. Upaya ini tidak dilakukan hanya di tiga wilayah, tetapi juga di daerah lain di sekitar Jawa. Kami juga masih melakukan kegiatan ini di Jakarta, Bekasi, Bogor, Bandung, dan sebagainya,” lanjutnya.

Frisian Flag juga sedang menganalisis tentang hasil baseline terkait dengan studi KAP (Knowledge, Attitude, Practice). Studi KAP difokuskan di daerah Sorong, dengan melibatkan sampel tiga sekolah. “Saat ini, kami masih sedsng menunggu hasil studi ini, apakah positif atau tidak,” tutupnya.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Ramaikan Pasar Kuliner di Indonesia, Ayam Cap Nikmat dan Jus Aja! akan Buka Peluang Kemitraan

MIX.co.id - PT Mitra Boga Ventura (MBV Group) resmi meluncurkan brand kuliner terbarunya, Ayam Cap…

11 hours ago

Sharp Umumkan Pemenang Program “Sharp Lovers Day-Fiestapora”

MIX.co.id - Program "Sharp Lovers Day-Fiestapora" baru saja berakhir pada penghujung Maret 2024 lalu. Sukses…

1 day ago

MGID Raih Penghargaan “Asia-Pacific Stevie Awards 2024”

MIX.co.id - Platform periklanan global MGID berhasil menyabet penghargaan Bronze Stevie® Awards di ajang "Asia-Pacific…

1 day ago

MPMInsurance Edukasi Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

MIX.co.id – Perusahaan asuransi umum MPMInsurance, anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. mengedukasi pentingnya…

1 day ago

Kinerja Solid, Prudential Tumbuh 15 Persen Sepanjang 2023

MIX.co.id – Kinerja apik berhasil ditorehkan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential…

1 day ago

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Hadirkan Kategori Baru

MIX.co.id - Program "PropertyGuru Indonesia Property Awards" akan kembali digelar pada 23 Agustus 2024 mendatang…

1 day ago