Ini Deretan Pencapaian Inisiatif Keberlanjutan Kenangan Brands sepanjang Tahun 2023

MIX.co.id - Untuk mewujudkan targetnya menjadi perusahaan yang sustainable sekaligus profitable, Kenangan Brands fokus untuk membangun bisnis yang berkelanjutan dan peduli terhadap tanggung jawab sosial. Sepanjang 2023 misalnya, Kenangan Brands berhasil meraih sejumlah pencapaian program CSR (Corporate Social Responsibility)-nya.

Di bawah payung “Kenangan BAIK (Bersama Indonesia Kuat)”, ada empat pilar utama yang dihadirkan Kenangan Brands, yang masing-masing pilarnya memiliki program dan pencapaian. Pertama, Kenangan Berdaya, yang merupakan pilar bagi seluruh program yang berhubungan dengan pemberdayaan komunitas petani dan supplier lokal lainnya, termasuk pemberian bantuan sosial. Melalui pilar ini, di tahun 2023, Kenangan Brands memberikan sumbangan sebesar Rp 271.613.000 kepada asosiasi petani gula aren Arum Gula di Garut. Dana ini akan disalurkan untuk pengadaan alat panen dan memasak yang memadai untuk para petani. Selain itu, sumbangan yang diberikan juga akan dimanfaatkan untuk membangun empat sarana fasilitas umum MCK (mandi, cuci, kakus). Selain itu, di tahun ini, Kenangan BAIK juga telah berhasil merampungkan pembangunan tiga sumur air di Flores.

Kedua, Kenangan Jangan Dibuang, yang merupakan pilar bagi seluruh program yang berhubungan dengan kampanye ekonomi sirkular dengan tujuan mengajak publik agar lebih sadar terhadap sampah konsumsi. Kontribusi Kenangan Brands untuk pilar ini tidak akan berjalan tanpa dukungan dari penyedia jasa pengelolaan limbah.

Pada tahun 2023, Kenangan Brands bekerja sama dengan Bell Living Lab, untuk mendaur ulang ampas kopi yang dihasilkan dari seluruh gerai Kopi Kenangan di Kota Bandung. “Baru satu bulan berjalan, Bell Living Lab sudah berhasil mendaur ulang 1 ton ampas kopi menjadi produk-produk berbahan dasar kulit sintetis yang berasal dari ampas kopi,” ungkap Inneke Lestari, Head of Legal & Corporate Affairs Kenangan Brands.

Selain itu, Kenangan Brands juga bekerja sama dengan Octopus Indonesia, yang menyediakan wadah khusus, bernama Octobox, untuk menampung limbah plastik dari gelas Kopi Kenangan dan mengubahnya menjadi produk daur ulang. “Octobox akan segera tersedia di 15 gerai Kopi Kenangan,” lanjutnya.


Kolaborasi lainnya adalah bersama Rekosistem, yang juga menyediakan wadah khusus untuk kantong belanja spunbond yang tidak digunakan. “Dropbox spunbond ini sudah tersedia di 35 gerai Kopi Kenangan dan per 1 Desember 2023 sudah berhasil mengumpulkan lebih dari 10kg spunbond yang kemudian diolah kembali menjadi bahan dasar karbon cair,” lanjutnya.

Ada juga kerja sama dengan FoodCycle, untuk program Bread Rescue yang telah berhasil mengalokasikan lebih dari 1700 roti ke panti asuhan dan panti jompo. “Tak lupa juga, untuk brand Chigo x Flip, kami ikut sertakan dalam pilar Kenangan Sirkular, melalui pengumpulan lebih dari 50.000 kilogram minyak jelantah sepanjang tahun 2023 yang nantinya akan di daur ulang menjadi bio products,” imbuhnya.

Ketiga, Kenangan PinTer (Pintar dan Terampil), yang merupakan pilar bagi seluruh program yang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan sekaligus keterampilan masyarakat yang belum memiliki akses edukasi yang mumpuni. Pilar ketiga ini diwujudkan melalui program Kenangan Belajar Kopi, wadah pelatihan basic coffee training gratis bagi masyarakat di Jakarta, Surabaya, dan Medan. Diadakan di fasilitas training Kenangan Academy, para peserta diharapkan dapat memiliki kompetensi tambahan untuk membantu mereka di dunia kerja. Di tahun 2023, Kenangan Belajar Kopi sukses mencetak lebih dari 80 lulusan.

Keempat, Bersama Kenangan yang merupakan pilar bagi seluruh program yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi karyawan dalam mendapatkan pengakuan yang setara dan sesuai dengan kemampuannya. “Memiliki lebih dari 900 gerai di Indonesia, Malaysia, dan Singapura, Kenangan Brands terus berupaya untuk memastikan kemampuan hard skill dan soft skill karyawannya senantiasa terasah. Diharapkan, hal ini dapat menjadi ‘modal’ karyawan Kopi Kenangan untuk terus menghadirkan kopi lokal berkualitas bagi seluruh pelanggan di Indonesia dan dunia. Untyk mewujudkan hal tersebut, di tahun 2023 Kenangan Brands menggelar ajang Leadership Conference dan Kenangan Barista Championship kedua dengan tema Leading with Heart,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)