Inisiatif Prestasi Junior Indonesia untuk Menumbuhkan Kewirausahaan di Kalangan Pelajar

MIX.co.id - Studi International Labour Organization (2020) mengungkapkan bahwa generasi muda (usia 15-24) memiliki risiko menganggur tiga kali lebih besar dibandingkan yang berusia 25 tahun ke atas. Sementara itu, data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa di Indonesia, tingkat pengangguran terbuka (TPT) tertinggi tahun ini kembali berada pada kelompok usia 15-24 tahun, yakni sebesar 19,55%. Kelompok muda ini tercatat terus menempati posisi puncak selama satu dekade terakhir.

Untuk itu, sebagai langkah partisipasi  mereduksi angka pengangguran muda di Indonesia, Prestasi Junior Indonesia (PJI) yang didukung Citi Foundation, PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia), dan PT Marsh Indonesia (Marsh Indonesia) konsisten mempromosikan konsep kewirausahaan dan menggali potensi bisnis generasi muda melalui program Student Company (SC).

Inisiatif yang telah melibatkan 13.358 pelajar SMA/SMK sejak 12 tahun lalu itu  memfasilitasi pengembangan keterampilan berwirausaha para peserta melalui pengalaman langsung dalam mencetuskan dan mengoperasikan usaha mikro di sekolah.

Tahun ini, inisiatif SC tersebut melibatkan 549 pelajar dari 9 kota/kabupaten di Indonesia. Mereka ditantang membuat ide bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah di komunitas serta mengoptimalkan teknologi digital dalam strategi dan operasionalnya.

Sebagai penutup rangkaian program SC 2021, Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2021 digelar secara daring pada  hari ini (6/11). Objektifnya, untuk memilih tim terbaik yang akan memperoleh kehormatan mewakili Indonesia pada kejuaraan bisnis tingkat Asia Pasifik tahun depan. Sebelumnya, selama empat tahun terakhir, pengusaha muda Indonesia telah berprestasi gemilang dengan masuk ke dalam jajaran tiga besar bisnis terbaik se-Asia Pasifik.

“Para pelajar, sebagai bagian dari golongan generasi Z, memiliki keunggulan karakter ‘true digital natives’ yang terpapar internet, jejaring sosial, dan penggunaan piranti seluler sejak dini. Kami meyakini, kedekatan generasi Z dengan teknologi mampu memberikan sudut pandang yang unik, tetapi efisien dan jitu dalam memecahkan kendala di lingkungan mereka. Dengan pendekatan ini, harapan kami, ide bisnis dari para pelajar peserta SC 2021 bisa terus tumbuh menjadi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang solid dan terus berkembang,” papar Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia Siddharta Moersjid.

Selama periode program, guru serta relawan dari mitra PJI ikut terlibat aktif dalam memberikan pendampingan untuk berbagi pengalaman dan inspirasi. Para pelajar partisipan pun berkesempatan mengeksplorasi secara langsung bagaimana dunia usaha yang sesungguhnya, memperoleh gambaran lebih baik tentang keterampilan masa depan yang dibutuhkan untuk sukses, dan mulai mempertimbangkan kewirausahaan sebagai pilihan karir potensial.

Ditambahkan Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Puni A. Anjungsari, “Pemberdayaan generasi muda, terutama dalam ranah edukasi dan literasi keuangan serta pembekalan kewirausahaan, merupakan fokus kegiatan sosial kemasyarakatan Citi Indonesia yang tertuang dalam inisiatif global Citi Foundation, yaitu Pathways to Progress, di mana kami berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan kerja dan peluang ekonomi bagi generasi muda berpenghasilan rendah dan rentan.”

Sementara itu, Brand and Marketing Communications Manager PT AIG Insurance Indonesia Gusni Puspitasari menegaskan,  “AIG berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan solusi berkelanjutan bagi masyarakat dan generasi mendatang. Kami bangga melihat peningkatan kualitas dan pengetahuan siswa dalam berwirausaha sambil menunjukkan komitmen mereka terhadap lingkungan serta komunitas sekitar dalam mendesain produk dan segala aspek bisnisnya. Kami berharap SC 2021 membantu memberdayakan lebih banyak lagi generasi muda untuk meraih potensinya dalam mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan di masa depan.”

Pada kesempatan yang sama, Douglas Ure, Presiden Direktur dan CEO PT Marsh Indonesia, menuturkan, “Marsh Indonesia telah berkontribusi kepada masyarakat dan berkolaborasi dengan PJI selama lima tahun terakhir. Melalui Program Student Company, kami berkomitmen untuk membimbing generasi muda guna mempersiapkan mereka untuk dapat memberikan solusi atas apa yang akan mereka hadapi di tahun-tahun mendatang, terutama solusi masalah ekonomi dengan pendekatan kreatif melalui optimalisasi teknologi. Kami percaya bahwa pemberdayaan generasi muda melalui peningkatan keterampilan kewirausahaan akan berdampak luas, tidak hanya untuk masa sekarang, namun juga untuk generasi mendatang dan masyarakat luas di Indonesia.”

Saat ini, program Student Company 2021 sukses memberikan manfaat kepada pelajar di 30 SMA/SMK di 9 kota/kabupaten di Indonesia, mencakup Jakarta, Bogor, Tangerang Selatan, Bandung, Bandung Barat, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, dan Denpasar. Dari 30 perusahaan siswa yang terbentuk, PJI telah menyeleksi dan mengerucutkan 7 finalis untuk berkompetisi dalam ISCC 2021, yaitu Qreate SC (SMAN 34 Jakarta), Wignesa SC (SMAN 3 Semarang), Covarsi SC (SMAN 81 Jakarta), Neon SC (SMAN 2 Denpasar), Semaja SC (SMAS HelloMotion, Tangerang Selatan), Mico SC (SMAN 1 Cisarua, Bandung Barat), dan Alanza SC (SMAN 16 Surabaya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)