Inisiatif Prudential untuk Mendukung Wirausahawan Muda Papua

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) menggelar inaugurasi kepada 40 calon pengusaha muda yang telah tersaring dari 282 pendaftar di program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda gelombang kedua, pada Juni ini (22/6).  Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda gelombang kedua ini telah dimulai sejak 15 Desember 2020 dan akan berlangsung hingga Juni 2022 mendatang.

Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda merupakan kegiatan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan bagi kaum muda Papua berusia 18-35 tahun. Program ini merupakan bagian dari inisiatif Community Investment Prudential Indonesia, di bawah pilar Pemberdayaan Indonesia Timur, untuk memberdayakan dan mensejahterakan komunitas lokal di Papua. Program ini menerapkan kurikulum internasional yang secara khusus telah disesuaikan untuk masyarakat di Papua.

Dituturkan Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia, “Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda yang kini memasuki gelombang kedua merupakan wujud komitmen kami untuk membangun ekonomi di wilayah timur Indonesia. Di gelombang pertama, kami berhasil menciptakan 33 pengusaha muda asal Papua yang memiliki komitmen berwirausaha yang luar biasa. Kini mereka telah berhasil mengembangkan usahanya lebih jauh lagi dan mengambil peran aktif sebagai pendorong perekonomian lokal dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat.”

Lebih jauah ia menegaskan bahwa program ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan yang dibutuhkan oleh kaum muda Papua untuk memulai dan berhasil menjalankan bisnis mereka sendiri. Program ini juga sejalan dengan aspirasi Prudential Indonesia untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia,  sehingga mereka dapat memperoleh yang terbaik dalam kehidupan.

Selain program pelatihan dan pendampingan, peserta program juga diberi kesempatan untuk memperluas jejaring mereka melalui forum-forum pertemuan dengan pengusaha yang difasilitasi oleh Prudential Indonesia dan PJI. Metode pelatihan secara daring justru memungkinkan para peserta program yang berada di Jayapura untuk dapat menggali ilmu dari para mentor bisnis yang mempunyai reputasi di tingkat nasional.

Guna menunjang proses persiapan operasi bisnis, para peserta program telah mengikuti rangkaian pelatihan awal, yang meliputi ‘Self Awareness Training’ untuk mendorong pengenalan potensi diri dan potensi lokal; ‘Financial Literacy Training’ untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai pengelolaan keuangan; ‘Business Preparation Workshop’ untuk membangun semangat kewirausahaan; dan ‘Business Model Workshop’ sebagai pelatihan untuk menyusun strategi bisnis yang akan dikembangkan. Selain itu, mereka juga diajak mengoptimalkan penggunaan platform digital dalam bisnis, terlebih di tengah pandemi Covid-19, melalui ‘Digital Marketing Training.

Keberadaan program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda gelombang pertama telah membantu sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang berperan penting menggerakkan roda perekonomian dan menyerap tenaga kerja. Salah satu peserta gelombang pertama, Rosmina Sarareni, merasakan manfaat yang luar biasa setelah mengikuti program ini.

Melalui pelatihan dan pendampingan yang dia jalani, Rosmina berhasil meningkatkan kapasitas produksi Abon Ikan Asar Saireri khas Jayapura dengan mendirikan rumah produksi, serta membuka lapangan kerja bagi 10 orang masyarakat setempat dan memasok bahan baku dari 2 nelayan lokal. Lulusan program gelombang pertama lainnya, Jeklin Nasendi, terus mengembangkan bisnis jasa rental playstation miliknya dan berhasil mencatatkan peningkatan penjualan atau omset per bulannya hingga 275%.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)