Corporate Social Initiative

Massif Menggelar Program Literasi Keuangan, Prudential Targetkan 20 Juta Penerima Manfaat di 2024

“Survey yang digelar Prudential pada tahun 2020 mengungkapkan bahwa 97,1% peserta (perempuan) cenderung membuat pencatatan pengeluaran dan pendapatan keluarga setelah mereka mendapatkan pelatihan,” urainya.

Di segmen anak, program literasi keuangan Prudential sudah menjangkau 5,5 juta orang. Angka ini sudah termasuk dengan kampanye digital. “Program literasi keuangan Prudential juga telah diimplementasikan ke 2.665 sekolah di Sidoarjo, Trenggalek, Blitar, dan Jakarta. Melalui program ini, kami juga sudah menjangkau 146 ribu siswa SD dan 4.800 guru. Tahun 2024, kami menargetkan 1 juta penerima manfaat, baik siswa maupun guru,” ucap Nini.

Sementara itu, sejak 2014, Prudential telah menggelar roadshow literasi keuangan syariah bersama Masyarakat Ekonomi Syariah, yang merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mengembangkan dan mempercepat penerapan sistem ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. “Sampai saat ini, program ini telah menjangkau 26 ribu masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia,” terangnya.

Berikutnya, di segmen UMKM, sejak 2020 Prudential telah menggelar program literasi keuangan bersama AKUMandiri dan SMESCO. Pada kesempatan itu, Prudential menghadirkan tim Prudential Indonesia dan pemilik usaha yang inspiratif. “Tahun 2021, kami menargetkan menjangkau 3.000 pelaku UMKM,” ia menargetkan.

Sebelumnya, pada 2018, diceritakan Nini, Prudential telah menggelar program literasi keuangan kepada pelaku UMKM di Papua. Program yang dihadirkan di sana adalah Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda untuk UMKM di Papua bersama Prestasi Junior Indonesia. Adapun literasi keuangan menjadi materi utama.

Hasilnya, program tersebut memilih 60 pengusaha muda di Papua untuk dapat pendampingan intensif selama 18 bulan, hingga tahun 2020. “Hasilnya, 87,8% pengusaha muda di sana sudah sadar akan pentingnya pengelolaan keuangan bisnis dan memiliki kemampuan untuk melakukan pelaporan bisnis dengan baik,” imbuh Nini.

Ke depan, diungkapkan Nini, Prudential akan memperluas kemitraan, termasuk dengan komunitas syariah, melakukan digitalisasi dengan berbagai inisiatif Community Investment, serta menjangkau 20 juta orang dan penerima manfaat di tahun 2024 mendatang.

Page: 1 2Lihat Semua

Dwi Wulandari

Recent Posts

Ramadan-Lebaran 2024, Penjualan Tiga UMKM Lokal Ini Melonjak di Platform Shop Tokopedia

MIX.co.id - Momen Ramadan-Lebaran 2024 dimanfaatkan oleh Tokopedia dan TikTok untuk semakin gencar berkolaborasi demi…

2 days ago

Neutrogena Dukung Pengembangan Criket Putri Indonesia

MIX.co.id – Neutrogena® Indonesia, brand perawatan kulit di bawah naungan Kenvue, secara resmi mengumumkan kelanjutan…

2 days ago

Kolaborasi Roche – DII, Luncurkan Kamp Manajemen Diabetas

MIX.co.id – Diabetes menjadi salah satu tantangan kesehatan terbesar saat ini. Federasi Diabetes Internasional (FDI)…

2 days ago

CleverTap Borong 10 Penghargaan di Ajang Stevie Awards 2024

MIX.co.id – CleverTap, platform engagement all-in-one, memborong 10 penghargaan bergengsi pada ajang Stevie Awards 2024,…

2 days ago

Indosat Ooredoo Hutchison Kembali Gelar SheHacks 2024

1. President Director & CEO IOH Vikram Sinha memberikan sambutan saat pembukaan SheHacks 2024 yang…

2 days ago

Bidik Enterprise dan UKM, ICS Compute Rilis Solusi “Redpumpkin AI Coding Assistant”

MIX.co.id - Studi yang dirilis LinkedIn terhadap lebih dari 29.000 responden di seluruh dunia, termasuk…

2 days ago