Revitalisasi PAUD, Asuransi Astra Libatkan Karyawan Millennials

Setelah Medan dan Sumba, Asuransi Astra kembali menyambangi PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di daerah Jakarta Selatan. Hari ini (6/9), tim volunteer yang merupakan karyawan millennials dari berbagai divisi di Asuransi Astra menyambangi PAUD Cinta Bangsa, di Cipete Selatan.

PAUD yang berdiri sejak 2012 lalu ini menjadi salah satu PAUD yang dipilih Asuransi Astra untuk direvitalisasi. Letaknya yang berada di mulut gang sempit sekaligus dihimpit rumah yang tidak bertalang air, membuat atap plafon PAUD Cinta Bangsa rembes, berjamur, bahkan nyaris ambrol. Ruang kelas yang hanya seukuran kamar tidur kecil, memang membuat anak-anak PAUD yang jumlahnya 18 orang—termasuk dua anak inklusi (berkebutuhan khusus)--memang kurang leluasa untuk belajar. Belum lagi keramik lantai yang sudah banyak yang retak dan lampu penerangan yang kurang memadai, membuat PAUD Cinta Bangsa perlu direvitalisasi

Kondiisi itulah yang mendorong Asuransi Astra untuk merevitalisasi PAUD Cinta Bangsa, melalui program #Pijarilmu 2019. Dikatakan Tri Rahayu Andayani, EVP Human Capital Asuransi Astra, “Program #Pijarilmu merupakan program berkelanjutan yang digelar Asuransi Astra setiap tahunnya. Jika dua tahun lalu, kami menggelar program Berkah Senyum, maka tahun 2018 dan 2019, kami menggelar program #Pijarilmu.”

Program #Pijarilmu, diakui perempuan yang akrab disapa Yeni itu, juga merupakan upaya Asuransi Astra dalam mendukung program pemerintah, dimana setiap RW atau Kelurahan dianjurkan memiliki PAUD. “Sebab, 50% kecerdasan seseorang dibentuk saat mereka berusia hingga 5 tahun. Selanjutnya, 30%-nya dibentuk pada saat mereka sampai usia 8 tahun. Di PAUD pula, anak-anak ditanamkan kepercayaan diri dan kemandirian,” ungkapnya pada hari ini (6/9), di Jakarta.

Ditambahkan Ita Marlina, Kepala Sekolah PAUD Cinta Bangsa, “Saya sangat berterima kasih kepada Asuransi Astra. Tahun ini, kami mendapat bantuan dari Asuransi Astra berupa revitalisasi bangunan, antara lain dengan atap plafon diperbaiki, dinding dicat sehingga tidak berjamur, menyediakan wastafel untuk anak-anak cuci tangan, hingga memperbaiki lampu.”

Sementara itu, bagi para volunteer, program #Pijarilmu merupakan cara positif dari perusahaan dalam mendorong karyawan untuk berbagi. Diungkapkan Chyta, Ketua Tim Volunteer untuk revitalisasi PAUD wilayah Jakarta Selatan, yakni PAUD Cinta Bangsa dan PAUD Embun Nabawi, “Aku sudah tiga kali jadi volunteer. Mulai dari kegiatan CSR terkait Posyandu, #Pijarilmu 2018 dengan mengajar anak-anak SD di daerah Grogol, dan tahun ini merevitalisasi PAUD lewat program #Pijarilmu 2019.”

Lebih lanjut Chyta menjelaskan, dari dulu ia suka mengajar anak-anak kecil. Bahkan, cita-citanya adalah membuat sekolah untuk anak-anak tak mampu dan anak-anak jalanan di kolong jembatan. “Sayangnya, sampai sekarang belum terealisasi. Beruntung, kantor memfasilitasi cita-cita saya. Juli 2019, saya pun sudah mulai mendaftar menjadi volunteer,” ucapnya yang telah bekerja di Asuransi Astra selama lima tahun.

Sebagai volunteer, Chyta dan teman-teman turun ke lapangan, ke tempat PAUD yang sudah dipilih perusahaan untuk dibantu. Di sana, mereka mencari tahu berbagai kebutuhan sarana dan prasarana untuk menjalani revitalisasi. Termasuk, melakukan presentasi dan menyusun anggaran untuk revitalisasi PAUD.

Begitu disetujui, maka tim volunteer pun melakukan monitoring selama proses revitalisasi berlangsung. Untuk revitalisasi, Asuransi Astra menggandeng vendor. Setelah semua selesai, tim pun merancang acara peresmian PAUD yang sudah direvitalisasi. Termasuk, mengajak anak-anak PAUD bermain setelah peresmian usai.

Hari ini (6/9), kami meresmikan PAUD Cinta Bangsa di Cipete Selatan. Senin besok (9/9), kami akan meresmikan PAUD Embun Nabawi di Pondok Labu. Untuk yang di PAUD Embun Nabawi, kami juga akan menggelar workshop dan literasi keuangan. Harapannya, dengan program ini, anak-anak semakin semangat belajar dan lebih gigih untuk mencapai masa depan yang lebih baik,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)