SGM Eksplor, Lazada, dan WeCare.id Gelar Program “Desa Berdaya Generasi Maju”

MIX.co.id - Untuk mendukung pemenuhan nutrisi bagi anak Indonesia, Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui merek susu pertumbuhan SGM Eksplor menggelar program “Desa Berdaya Generasi Maju”. Program ini merupakan hasil kerja sama SGM dengan Lazada dan WeCare.id.

“Desa Berdaya Generasi Maju” merupakan rangkaian dari gerakan sosial “#AyoTunjukTangan untuk Majukan Indonesia”. Program ini bertujuan untuk menyiapkan anak-anak Indonesia menjadi Generasi Maju melalui penyediaan akses nutrisi yang merata di Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagai salah satu daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) di Indonesia.

Digelarnya program ini berangkat dari fakta yang dirilis Badan Pusat Statistik bahwa Provinsi NTT menempati urutan pertama dengan rasio penderita gizi buruk tertinggi tahun 2018 (per 10.000 penduduk) yakni 9,7%. Studi Status Gizi Balita Kementerian Kesehatan RI tahun 2019 juga menunjukkan bahwa NTT merupakan provinsi dengan angka prevalensi stunting tertinggi di Indonesia hingga mencapai 43,8%.

Untuk itu, SGM Eksplor bersama Lazada dan WeCare.id berinisiatif untuk menjalankan program donasi “Program Desa Berdaya Generasi Maju” di lima desa di Kecamatan Kolbano, Kabupaten TTS, Nusa Tenggara Timur yang berkolaborasi dengan mitra lokal Yayasan Jaringan Peduli Masyarakat (JPM), sebagai rangkaian dari gerakan sosial “Ayo Tunjuk Tangan untuk Majukan Indonesia”.

Diuraikan Widianto Juwono, Sales Director Danone Specialized Nutrition Indonesia, “Selama lebih dari 65 tahun, kami percaya bahwa semua anak berhak untuk maju melalui pemenuhan nutrisi yang tepat dan akses pendidikan, sehingga seharusnya tidak ada anak Indonesia yang tertinggal akan akses nutrisi dan pendidikan. Pada kesempatan ini, SGM Eksplor berkolaborasi bersama Lazada dan WeCare.id untuk berkontribusi mendukung pemenuhan nutrisi anak-anak di daerah NTT, yang merupakan daerah 3T di Indonesia yang masih menghadapi tantangan dalam hal pemenuhan gizi bagi anak-anak.” 

Inisiatif itu, diakui Widianto, juga merupakan komitmen Danone untuk mendukung pemerintah dalam mengatasi permasalahan pemenuhan gizi sebagai upaya pencegahan stunting di NTT. Sejatinya, langkah ini juga sejalan dengan visi Pemerintah untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk Indonesia maju.

Program donasi “Desa Berdaya Generasi Maju” terdiri dari program Donasi nutrisi untuk anak usia di atas 1 tahun dan Modul Pendidikan serta Kampung Gizi Mandiri yang diselenggarakan pada Agustus hingga November 2021. Donasi nutrisi dan Modul Pendidikan berasal dari konsumen yang otomatis berkontribusi dalam setiap pembelian produk SGM Eksplor 1Plus, 3Plus, dan 5Plus periode 1 Agustus 2021 sampai 31 Agustus 2021 di SGM Official Store Lazada.

Total kontribusi konsumen dari seluruh pembelian produk SGM Eksplor di SGM Official Store Lazada selama bulan Agustus 2021 telah mencapai Rp 502 juta, yang kemudian disalurkan dalam bentuk donasi paket dan edukasi nutrisi untuk 500 anak usia di atas 1 tahun dari 500 keluarga yang membutuhkan.

Sementara itu, di program Kampung Gizi Mandiri, dilakukan pembangunan kebun nutrisi dan kolam ikan berkelanjutan untuk lebih dari 200 keluarga dengan anak usia di atas 1 tahun yang membutuhkan.

Ferry Kusnowo, Chief Customer Officer Lazada Indonesia, menyampaikan,  program “Desa Berdaya Generasi Maju” sejalan dengan salah satu fokus Lazada, yaitu berkontribusi bagi kemajuan masyarakat Indonesia. “Kami berharap kolaborasi ini dapat membuat generasi Indonesia semakin maju dan tercipta lebih banyak lagi SDM Indonesia yang unggul dan berkualitas,” harapnya.

Diimbuhkan Gigih Septianto, Co-Founder & CEO Wecare.id, “Melihat kurangnya akses terhadap variasi makanan, serta rendahnya ketahanan pangan dan daya beli masyarakat NTT terhadap makanan bernutrisi, WeCare.id bersama dengan SGM Eksplor dan Lazada juga berinisiatif untuk menjalankan program yang dapat mendukung upaya pemenuhan kebutuhan  nutrisi bagi anak-anak di daerah tersebut. Agar dapat memastikan keberlanjutan manfaat dari program ini, kami juga berkomitmen untuk melakukan monitoring dan evaluasi.”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)