Sinergi Delapan Perusahaan Atasi Anemia dan Malnutrisi

Sepuluh finalis “SUN Pitch Competition 2019” berhasil ditetapkan oleh SUN Business Network Indonesia (SBN Indonesia) dan Innovation Factory. Kompetisi yang bertemakan “Inovasi Desain Makanan dengan Fokus Mengatasi Anemia dan Malnutrisi” itu merupakan kolaborasi antara delapan perusahaan yang tergabung dalam SBN Indonesia. Kedelapan perusahaan tersebut adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Kalbe Farma Tbk, PT Nutrifood Indonesia, PT Otsuka Indonesia, PT Tirta Investama, PT BASF Indonesia, PT Cargill Indonesia, dan PT East West Seed Indonesia.

Axton Salim, Co-Chair SBN Global Advisory Group dan Koordinator SBN Indonesia yang juga Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk., menerangkan, SUN Pitch Competition 2019 bertujuan untuk menghasilkan solusi baru dalam mengembangkan produk makanan yang terjangkau dan bergizi tinggi. Harapannya, produk ini dapat membantu mengatasi permasalahan anemia dan malnutrisi yang menjadi dua tantangan terbesar di Indonesia.

“SBN Indonesia mengajak UMKM lokal menjadi bagian dari solusi masalah anemia dan malnutrisi melalui inovasi produknya. Kami merasa senang melihat antusiasme dan kreativitas dari pelaku bisnis, industri, UMKM dan wirausahawan dalam kompetisi ini. Hal ini menunjukan adanya semangat berkolaborasi untuk mempercepat pengentasan permasalahan anemia dan gizi yang ada di Indonesia,” paparnya.

Upaya yang dilakukan SBN Indonesia dalam menekan angka anemia tak lepas dari tingginya jumlah penderita anemia di Indonesia. Merujuk data RISKESDAS 2013, lebih dari 1 dari 5 perempuan Indonesia berusia 15 tahun ke atas mengalami anemia, sedangkan pria adalah 1 dari 6. Angka tersebut lebih tinggi lagi di kalangan wanita hamil sebanyak 1 dari 3.

Hal itu membuat janin berisiko lebih tinggi mengalami gangguan seperti berat bayi lahir rendah (BBLR), yakni lahir dengan berat badan kurang dari 2.5 kg, rentan terkena penyakit, dan meninggal pada usia dini. Bahkan, anemia juga dapat diturunkan dari ibu ke anak, meningkatkan risiko morbiditas, dan penurunan kecerdasan.

Lebih lanjut Axton menegaskan, Final pitch yang diselenggarakan hari ini (17/12) di BLOCK71, Jakarta, merupakan puncak penilaian dari SUN Pitch Competition 2019 yang dimulai pada awal November lalu. Hari ini, 10 finalis telah mempresentasikan solusi desain makanan yang telah mereka kembangkan di hadapan para dewan juri yang terdiri dari anggota SBN Indonesia, Co-Chair dari SBN Global Advisory Group, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Accelerice, dan Innovation Factory.

Hasilnya, CV Rizano Bersaudara (Bale Sehat) ditetapkan sebagai juara pertama. Disusul oleh Morimom sebagai juara kedua dan Calty Farm (Calty Yoghurt) sebagai juara ketiga. “Ketiga pemenang berhak mendapatkan total pendanaan sebesar Rp 225 juta dan mentoring eksklusif dari SBN Indonesia dan para ahli lainnya. Selain itu, pemenang pertama akan dikirim ke Global SUN Pitch Competition dalam Food Industry Asia 2020 di Singapura,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)