Posisi Diet Coke sebagai merek juara ke 2 dalam penguasaan pasar berakhir - dan itu tidak berlangsung lama. Pepsi, yang jatuh ke posisi 3 tahun 2010, mengklaim kembali sebagai juara kedua di belakang Coke regular untuk kategori minuman berkarbonasi. Klaim itu didasar pada data yang dipublikan Beverage Digest yang dirilis 26 Maret lalu.
Yang menarik, baik Pepsi dan Diet Coke tahun 2014 lalu kehilangan volume penjualannya. Yang menarik lagi, nasib Diet Coke lebih buruk. Volume penjualan Diet Coke turun 6,6 persen sementara Pepsi turun hanya 1,8%, sehingga Pepsi menguasai pangsa 8,8%, dan 8,5% untuk Diet Coke. Data ini mengindikasi bahwa konsumen peduli dengan kesehatan kini menjauhi pemanis buatan sebagaimana yang biasa terkandung dalam minuman atau makanan diet.
Pecinta minuman bersoda sepertinya balik lagi ke kebiasaan lama mereka, yakni mengkonsumsi minuman dengan gula alami. Data Beverage Digest yang sama juga menunjukkan bahwa tahun lalu juaran minuman bersoda Coke dengan susah payah berhasil menaikkan pertumbuhan volume penjualannya sebesar 0,1%. Ini menandai tahun pertumbuhan pertama sejak tahun 2000. Merek Coke menguasai pangsa mendominasi 17,6% dari kategori soda.