2016, Pasar Smartphone Didominasi ‘Power Market’

(kiri-Kanan) Wilda – Device Partnership Manager Indosat Ooredoo; Adrie R. Suhadi – Country Head Smartphone Division Lenovo Indonesia; Shannedy Ong – Country Manager Qualcomm Indonesia; dan Darma Soendaya Lukman – Account Director SCM saat peluncuran Lenovo Vibe P1 Turbo beberapa waktu lalu.

Adrie R. Suhadi, Country Head Smartphone Division Lenovo Indonesia memprediksi, pasar smartphone akan tumbuh 20% tahun ini. Hal ini terutama didukung dengan semakin banyaknya pengguna yang switch dari feature phone ke smartphone. Menurutnya, tingginya dinamika tren smartphone, cenderung mendorong konsumen untuk memilih produk terbaru.

“Untuk tren pasar smartphone tahun ini, segmen middle masih besar. Arahnya ke segmen price to perform, yaitu konsumen yang memilih smartphone dengan spek bagus dan harga terjangkau, di angka Rp1 juta sampai Rp2,5 jt. Untuk tren smartphone-nya kami tidak bisa prediksi, karena dinamika industrinya tinggi sekali, dan sangat cepat berubah. Itu sebabnya, lifecycle smartphone juga cepat sekali. Belum lama muncul yang produk baru, produk terbaru lainnya sudah muncul lagi. Dan tahun ini siklusnya masih akan seperti itu,” ungkapnya.

Lenovo Indonesia mengawali tahun 2016 dengan menghadirkan lini smartphone terbarunya, Lenovo Vibe P1 Turbo baru-baru ini di Jakarta. Bekerja sama dengan Indosat Ooredoo dalam paket bundling, dikatakan Adrie, Lenovo Vibe P1 Turbo menyasar segmen pengguna yang disebut dengan power market atau konsumen dengan mobilitas tinggi yang lebih mementingkan kekuatan serta ketahanan baterai dibandingkan fungsi dan spesifikasi lainnya.

Power market saat ini sedang bagus sekali, dan semakin berkembang. Karena karakter konsumen ini unik, mereka butuh smartphone yang perform dari segi baterai untuk menunjang mobilitas mereka. Konsumen dengan tingkat mobilitas tinggi inilah yang jadi target market Lenovo Vibe P1 Turbo. Apalagi, berdasarkan riset internal kami, sebagian besar konsumen Indonesia banyak menghabiskan waktunya di luar rumah, sehingga untuk bisa men-charger smartphone adalah sebuah kemewahan bagi mereka.,” ujar Adrie yang menyebut pangsa pasar Lenovo di kuartal ketiga 2015 tumbuh menjadi double digit.

Lenovo Vibe P1 Turbo sudah tersedia mulai Januari 2016 ini melalui sistem pre-order yang bisa dilakukan mulai tanggal 26 Januari 2016 hingga 11 Februari 2016 di beberapa online channel seperti Blibli.com, Bhinneka.com, Mataharimall.com, Dinomarket.co.id, Lazada.co.id dan, Erafone.com dengan harga Rp 3,9 juta. Untuk kebutuhan akses internet di jaringan data 4G, Lenovo menyediakan program bundling dengan Indosat Ooredoo.

Marina Silalahi

Recent Posts

Kupas Tuntas “Membangun Bisnis yang Tangguh” di Grab Business Forum 2024

MIX.co.id - Program tahunan Grab Business Forum kembali digelar Grab Indonesia. Digelar pada pertengahan Mei…

16 mins ago

Kemenkominfo dan Mebiso Edukasi Para Pelaku Usaha tentang Pentingnya Hak Paten Merek

MIX.co.id - Artificial Intelligence (AI) menjadi salah satu tren marketing di Indonesia maupun global. Tren…

48 mins ago

Luncurkan Iklan TVC Terbaru, SASA Kampanyekan #BeYouBeConfident

MIX.co.id – Produsen bumbu dapur PT Sasa Inti (SASA) melakukan terobosan kampanye dengan meluncurkan iklan…

60 mins ago

Gandeng Mikael Jasin sebagai Brand Ambassador, Arummi Gelar Kampanye “Arummi Artistry”

MIX.co.id - Tahun 2023, Indonesia berhasil merajai pasar kopi modern di Asia Tenggara. Demikian Laporan…

6 hours ago

Gandeng Sompo dan Qoala, JULO Luncurkan Layanan JULO Protect Plus

MIX.co.id - Platform kredit digital inovatif asal Indonesia, JULO, berkolaborasi dengan Qoala dan Sompo meluncurkan…

7 hours ago

Presiden Jokowi Buka “World Water Forum ke-10” di Bali

1. Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Presiden World Water Council Loïc Fauchon (ketiga kiri),…

8 hours ago