Anda pasti tidak asing dengan situs Tumblr. Situs yang dapat mampu menjadi wadah kreatifitas netizen tersebut telah mengalami perkembangan sangat pesat. Tidak hanya dapat digunakan sebagai sarana kreativitas, ternyata Tumblr juga dapat digunakan untuk mendukung strategi marketing. Lalu bagaimana agar brand dapat memanfaatkan Tumblr secara efektif sehingga strategi marketing-nya pun bisa lebih efektif?
Tumblr juga dapat dimanfaatkan sebagai channel marketing bagi brand
Dalam laporan hasil studi yang dilakukan oleh Union Matrics for Tumblr, diketahui bahwa rata-rata postingan Tumblr bagi brand agar memiliki dampak efektif ialah 1-3 post per hari. Waktu paling ideal untuk memposting sangat bergantung pada karakteristik audiens yang ingin Anda capai. Pelajarilah waktu-waktu kapan saja kah mereka cenderung aktif di Tumblr, apakah itu malah hari atau justru hanya pada akhir pekan saja. Dengan mengetahui waktu di mana audiens brand Anda sangat aktif, Anda akan lebih mudah menjangkau mereka dengan postingan Anda.
Anda juga perlu untuk mengukur performa konten Anda di Tumblr. Untuk menjaring follower Tumblr lebih banyak, Anda tentu harus membuat konten-konten yang menarik bagi calon follower Anda. Namun, pastikan bahwa Anda juga tetap konsisten membuat postingan yang berkaitan dengan brand. Menurut Union Matrics, akun Tumblr brand dapat dikatakan mampu mendorong engagement tinggi apabila jumlah likes atau reblog untuk artikel yang berkaitan dengan brand lebih tinggi dibandingkan dengan positingan artikel bebas (tidak berkaitan dengan brand). Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu mengemas artikel tentang brand Anda semenarik mungkin untuk meningkatkan engagement di kalangan followers Tumblr Anda.
Lalu, bagaiman bila brand Anda baru mulai memanfaatkan situs Tumblr untuk berkomunikasi dengan audiens? Cara paling mudah dan cepat untuk menjaring followers ialah dengan aktif memposting konten visual, seperti foto, gif atau video. Namun perlu dicatat,pastikan bahwa postingan konten Anda berkualitas tinggi, misalnya foto berkualitas tinggi, gambar GIF yang lucu dan sebagainya.
Pada akhirnya, strategi pemanfaatan Tumblr terbaik sebagai channel marketing ialah dengan membuat konten-konten yang bervariasi. Union Matrics for Tumblr mencatat bahwa blog yang sudah hadir lama cenderung memiliki tingkat engagement yang lebih tinggi dibandingkan blog Tumblr yang baru diluncurkan. Namun demikian, baik akun Tumblr baru atau lama, Anda tetap harus memberikan konten visual yang mampu mendorong engagement audiens terhadap brand Anda.