Cara Herbalife Perkuat Corporate Image Lewat Sport Event

Memanfaatkan event sport untuk memperkuat corporate image merupakan hal yang lazim dilakukan markters. Sejatinya, sport event yang umumnya menyedot ratusan hingga ribuan audience menjadi alternatif media yang potensial untuk mendekati calon konsumen maupun pelanggan.

IMG_20150918_37289Tak mengherankan, jika event-event olahraga di Tanah Air banyak dimanfaatkan pengelola merek atau perusahaan sebagai salah satu channel komunikasi pemasaran mereka. Langkah itu pula yang dilakukan oleh Herbalife. Setelah setiap tahunnya menjadi sponsor resmi ajang “Bali International Triathlon”--kompetisi tiga cabang olahraga sekaligus, renang, lari, dan sepeda--tahun 2015 ini untuk pertama kalinya Herbalife menjadi sponsor utama program tersebut. Dengan posisinya sebagai sponsor utama, maka pada title event tersebut, nama Herbalife berhak tampil, yakni menjadi “Herbalife Bali International Triathlon 2015”.

Diungkapkan Andam Dewi, Country General Manager Herbalife Indonesia, “Tahun ini merupakan yang kelima kalinya kami partisipasi dalam program ini. Hanya saja, ini yang pertama kalinya kami sebagai sponsor utama. Konsistensi kami mensponsori program ini karena program ini mengusung gaya hidup sehat dan aktif, yang notabene menjadi kampanye sekaligus corporate value dari Herbalife, sebagai perusahaan penyedia nutrisi.”

Dukungan berkali-kali Herbalife terhadap program tersebut bukan tanpa alasan. Menurut Andam Dewi, selain mampu mengedukasi market tentang pentingnya nutrisi untuk menciptakan gaya hidup sehat dan aktif, mensponsori program tersebut juga efektif untuk merperkuat corpate image Harbalife.

“Saat ini, banyak perusahaan Multi Level Marketing (MLM) yang bergerak di bidang nutrisi atau menawarkan produk nutrisi. Sementara itu, tak sedikit orang Indonesia yang masih memiliki stigma negatif terhadap MLM. Dengan mensponsori program seperti ini, Herbalife justru lebih dikuat dikenal oleh masyarakat sebagai perusahaan nutrisi, bukan perusahaan MLM,” papar Andam Dewi.
Pada program yang bakal digelar 25 Oktober 2015 nanti, Herbalife sudah mempersiapkan serangkaian aktivasi. Mulai dari booth service, mendukung sejumlah atlet—termasuk atlet traithlon Indonesia Andy Wibowo—lewat produk nutrisi Herbalife, hingga coaching clinic ke sejumlah kota besar di Indonesia.

Tak hanya Herbalife yang memanfaatkan event kompetisi olahraga berskala internasional itu. Bank Mandiri, sebagai bank yang memiliki komitmen untuk mendukung sport tourism, juga turut berpartisipasi di event “Bali International Triathlon” tahun ini. Maklum saja, mengusung event kompetisi triathlon, penyelenggara—yang notabene tim lokal—juga memperkenalkan eksotisme Bali lewat rute lari dan berspeda serta lokasi renang.

Diuraikan Head of Corporate Communication Bank Mandiri Ahmad Reza, “Sponsor kami di program ini adalah sebagai upaya kami meningkatkan pariwisata di daerah lewat sport tourism. Sebab, 30 persen peserta program ini adalah turis mancanegara yang juga membawa serta keluarganya.”

Selain itu, menurut Reza, program tersebut juga merupakan bagian dari rangkaian Ulang Tahun Bank Mandiri yang ke-17, yang jatuh pada Oktober tahun ini. “Kami juga akan memberikan potongan harga bagi peserta yang membeli tiket lewat transaksi di Bank Mandiri,” katanya.
Ditambahkan Dedy Suprasetyo, Event Manager “Herbalife Bali International Triathlon 2015”, sejak dihadirkan pertama kami tahun 2007 silam, ajang tersebut telah mendapat sambutan positif—baik dari peserta lokal maupun mancanegara. Bahkan, ajang tersebut juga mendapat dukungan dari berbagai komunitas olahraga, seperti Indorunners dan Triathlon Buddies.

“Jika di awal-awal tahun penyelenggaraan jumlah peserta baru mencapai 200-an, maka mulai tahun 2013 lalu jumlah peserta sudah mencapai ribuan. Tahun ini, target kami adalah 1.200 peserta, dengan 30%-nya adalah peserta mancanegara,” tegas Dedy, yang menyebutkan bahwa tiket kepesertaan dibandrol dengan harga Rp 2 jutaan untuk kategori olimpyc, Rp 1 jutaan untuk kategori sprint, dan Rp 260 ribu untuk kategori 5K Fun Run.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)