Kuartal pertama (Q1) 2015, pasar consumer electronic di Tanah Air masih terlihat lesu. Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, pada Q1 tahun ini, pertumbuhan consumer electronic masih tercatat minus. Kinerja yang tak menggembirakan tersebut dipicu oleh banyak faktor, antara lain kondisi ekonomi global maupun situasi ekonomi nasional yang memang kurang bersahabat.
Tahun 2015 ini, LG tetap memanfaatkan seluruh kanal komunikasi dengan cara yang selektif
Tak mengherankan jika, PT LG Electronics Indonesia sebagai market leader yang menguasai 30% pasar consumer electronic di Tanah Air, tampak begitu serius mempertahankan kinerjanya. Di tengah kurs dolar yang melambung dan harga yang fluktuatif, salah satu langkah yang telah diambil LG adalah menekan margin dengan menaikkan harga produknya pada angka 10-15% pada akhir tahun 2014 lalu.
Diungkapkan Eric Setiadi, Direktur Marketing PT LG Electronics Indonesia, “Meskipun bisnis consumer electronic di Indonesia pada kuartal satu 2015 ini mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama tahun 2014, namun kami yakin kuartal berikutnya akan positif. Sebab, ke depan ada festive season, antara lain Ramadhan dan Lebaran, di mana spending konsumen akan tinggi.”
Oleh karena itu, menyambut festive season, tahun ini LG tetap akan menggunakan seluruh channel komunikasi untuk memasarkan produk consumer electronic-nya. Mulai dari above the line (ATL) dengan beriklan di media televisi, bioskop, dan cetak; below the line (BTL) lewat aktivasi merek dan consumer promo; hingga digital dengan social media maupun e-commerce. "Tahun ini, kami juga akan memaksimalkan kanal digital," akunya.
Namun, diakui Eric, menyiasati situasi ekonomi dan market di tahun 2015 ini, LG harus benar-benar selektif. “Kami harus bijaksana dan selektif dalam memilih media dan activity. Artinya, kami tidak boleh jor-joran dalam spending media. Kami harus selektif dan tahu betul siapa target market kami, di mana saja contact point mereka (target market—red), kapan waktu yang tepat melakukan engagement dengan mereka, serta kampanye komunikasi seperti apa yang tepat untuk mereka. Oleh karena itu, brand engagement menjadi kunci,” yakin Eric, yang menyebutkan bahwa 40% total revenue LG Indonesia masih dikontribusi oleh kategori TV, yang kemudian diikuti oleh kategori kulkas, AC, mesin cuci, dan mobile.
Contoh paling nyata adalah peluncuran smartphone premium LG G4, pada hari ini (11/5), persis menjelang festive season. Diakui Eric, premium series dari LG turut memicu pertumbuhan bisnis mobile LG. Tahun 2014 misalnya, pertumbuhan smartphone LG yang mencapai double digit dipicu oleh produk premium LG G2 dan LG G3. “LG Mobile memang hanya bermain di segmen menengah atas. Di segmen atas, kami punya G Series. Sedangkan di segmen menengah, kami punya L Series,” ungkap Eric.
LG G4 bakal tersedia dalam opsi pesan awal (pre-order) mulai 13 Mei nanti. Sedikit berbeda dengan saat perkenalan perdananya bulan lalu, LG G4 yang bakal beredar di Indonesia akan mendukung penggunaan Dual SIM. Mengusung tema besar The Genuine Perfection, pengembangan LG G4 dilandaskan pada tiga added value. Yaitu, desain nyaman nan elegan, pengalaman visual hebat melalui ketangguhan kamera, dan teknologi terkini pada layarnya.
“Pada LG G4 dibenamkan kamera dengan bukaan diafragma F 1.8, yang membuatnya mampu menangkap 80% cahaya pada sensor kameranya. Modul kamera inovatif ini terhubung dengan panel layar IPS Quantum Display yang memberi tingkat pewarnaan lebih baik ketimbang Quad HD display,” timpal Adinda Nesvia, Head of Product Marketing LG Mobile Indonesia.
Demi menciptakan brand experience sekaligus brand engagement, LG pun membuka peluang bagi masyarakat luas untuk merasakan keunggulan LG G4, bahkan sebelum hari peluncurannya. Cukup dengan mengakses website www.tryLGG4.id, masyarakat dapat mendaftarkan diri menjadi salah satu pemenang yang memiliki hak istimewa untuk dapat merasakan langsung sensasi LG G4.
Terhitung sejak hari pertama dibukanya pendaftaran tanggal 10 April hingga batas akhir penutupan tanggal 24 April, LG berhasil mendapatkan 40.014 partisipan yang antusias mencoba LG G4. Dari jumlah tersebut, LG telah memilih 30 orang penguji yang beruntung untuk mencicipi keistimewaan dari smartphone terkini dari LG. “30 orang penguji ini sekaligus tergabung dengan komunitas besar para penguji LG G4 terpilih di negara lain,” tambah Adinda.
Sementara itu, selama rentang masa waktu yang diberikan untuk mencicipi LG G4, ke-30 penguji tersebut diharuskan untuk melakukan misi untuk memotret gambar mengikuti tema khusus yang telah ditentukan. Salah satu temanya adalah “Beautiful Life of Indonesia” dan “Beautiful Nights in Indonesia” sebagai tema foto berikutnya yang harus dipenuhi oleh 30 penguji tadi.
“Pilihan tema itu akan menjadi bukti tak terbantahkan dari performa kamera LG G4 sebagai Best Smartphone Camera in The World. Nantinya, hasil jepretan kamera LG G4 terpilih dari 30 penguji LG G4 ini akan digunakan sebagai bagain materi komunikasi visual LG G4,” terang Adinda.
Sementara itu, pre Order LG G4 akan berlangsung dari 13 Mei hingga 25 Mei. LG membuka lebar-lebar akses bagi peminat LG G4 untuk mendapatkan kesempatan cashback hingga Rp 1,9 juta dari harga resmi tertingginya yang dipatok Rp 8,499 juta. Selain itu, LG juga melibatkan sebelas kanal toko belanja digital terkenal, opsi pesan awal ini juga bakal tersedia serentak pada masing-masing LG Mobile Store di enam kota besar di Indonesia. Termasuk di dalamnya Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogjakarta, Medan dan Makassar.
Adinda menyatakan, bukan hanya cashback yang ditawarkan. “Lebih dari itu, LG juga menggandeng empat bank terkemuka, yaitu BCA, Bank Mandiri, Bank Mega, dan BRI. Pengguna kartu kredit bank tersebut bakal mendapatkan penawaran istimewa berupa cashback dan cicilan 0%.. Semakin istimewa, LG pun menawarkan tambahan satu unit baterai berikut charger kit special dan juga Micro SD 64 GB untuk setiap pembelian sepanjang masa ini. Tambahan hadian menarik tersebut kami harap dapat mendukung pengguna dalam mengoptimalkan penggunaan LG G4 dalam kehidupan sehari-hari,” kata Adinda.