Dikenal sebagai negara dengan sistem medis nomor satu di Asia dan peringkat keenam di dunia, tahun ini pemerintah Taiwan--lewat Biro Perdagangan Luar Negeri dan diimplementasikan oleh Taiwan External Trade Development Council (TAITRA)--memutuskan untuk agresif menggarap pasar mancanegara. Salah satunya, market Indonesia.
Tahun ini pemerintah Taiwan--lewat Biro Perdagangan Luar Negeri dsn diimplementasikan oleh Taiwan External Trade Development Council (TAITRA)--memutuskan untuk agresif menggarap pasar mancanegara.
Upaya Taiwan menggarap pasar Indonesia boleh jadi tak lepas dari kesuksesan Singapura dan Malaysia sebagai incumbent yang telah berhasil menyedot pasien-pasien dari Indonesia. Jumlah orang Indonesia yang tinggal di Taiwan, yang kini mencapai 200 ribu orang, juga menjadi prospek yang menjanjikan bagi Taiwan.
Dijelaskan Tony Lin, Direktur Taiwan Trade Center Jakarta, pada program "Taiwan Health Industry Trade Meeting" yang digelar di Jakarta pada hari ini (11/12), pemerintah Taiwan memperkenalkan enam rumah sakit ternama di Taiwan. Keenam rumah sakit tersebut adalah E-DA Hospital, Taipei Show Chwan Hospital, Tung's Taichung Metro Harbor Hospital, Mackay Memorial Hospital, Kaohsiung Medical University Chung Ho Memorial Hospital, dan Chang Gung Memorial Hospital.
Berkompetisi dengan incumbent rumah sakit-rumah sakit di Singapura dan Malaysia, rumah sakit-rumah sakit di Taiwan menawarkan berbagai kemudahan transportasi, akomodasi bagi keluarga pasien yang menemani, pelayanan yang personal dan komprehensif, dan harga yang kompetitif.
Kuo-Sheng Liao, International Medical Service Center Vice Manager Tung's Taichung MetroHarbor Hospital, "Kami menawarkan harga yang kompetitif untuk layanan medis kami. Ada dua layanan unggulan yang kami tawarkan, operasi jantung dan kecantikan. Ke depan, kami berharap wisatawan mancanegara, salah satunya wisatawan Indonesia, dapat menjadikan Taiwan sebagai medical tourism mereka."
Dalam memperkenalkan sejumlah rumah sakit unggulannya di Tanah Air, Taiwan menggandeng Megatara Travel lewat kerja sama strategis dengan keenam rumah sakit Taiwan. Taiwan via TAITRA juga menggelar program public relation (PR) dengan mengundang berbagai media massa nasional demi mengedukasi aneka keunggulan yang dimiliki rumah sakit-rumah sakit di Taiwan.