Memasuki libur panjang Natal dan Tahun Baru, PT XL Axiata Tbk (XL), telah menyiapkan jaringan guna mengantisipasi kemungkinan peningkatan trafik di semua layanan, antara lain kenaikan trafik data. Cukup dimaklumi, lantaran diprediksi kenaikan trafik akan terjadi terutama di kota-kota besar serta daerah tujuan wisata, termasuk di luar Jawa seperti Bali. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kenaikan trafik yang terjadi memang tidak akan terlalu besar. Meski begitu, XL tetap menyiagakan jaringannya secara maksimal.
Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan, dalam siaran pers-nya mengatakan, “Untuk memastikan kenyamanan pelanggan selama masa liburan Natal dan Tahun Baru, XL sudah mempersiapkan jaringan, antara lain menaikkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat. Kami memperkirakan sepanjang liburan panjang ini, akan terjadi kenaikan trafik layanan pada voice sebesar 5%, SMS 10%, dan Data sekitar 15-20% dari trafik normal sehari-hari. Tentunya, kami akan terus memantaunya dan memastikan semua berjalan semaksimal mungkin.”
Berbeda dengan Ramadhan dan Lebaran, menurut Ongki, peningkatan trafik di Natal dan Tahun Baru cenderung terjadi di area tertentu, seperti pusat perbelanjaan, lokasi rekreasi dan hiburan, pelabuhan, dan bandara. Untuk itu, tempat-tempat tertentu, seperti di Monas dan Ancol, akan XL tambahkan dengan beberapa mobile BTS yang bisa dipindahkan sesuai kebutuhan.
“Jaringan XL juga didukung oleh teknologi yang canggih, MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional. Dengan menerapkan sistem pool ini, jaringan XL Axiata akan terlindung dari lonjakan trafik pada satu lokasi tertentu, karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik,” tambahnya.
XL juga melakukan kesiapan jaringannya di wilayah Sumatera dan Sulawesi. Di Sumatera misalnya, kesiapan jaringan dilakukan di wilayah Sumatera Utara, khususnya Medan, Pematang Siantar, Simalungun, dan Toba Samosir. Sementara itu, di Sulawesi, kesiapan jaringan dilakukan di Tomohon, Manado, serta beberapa kota di Papua yang masyarakatnya banyak yang merayakan Natal dan juga melakukan pulang kampung saat tahun baru.
“Karena itu, XL secara khusus juga telah melakukan antisipasi dengan meningkatkan kapasitas jaringan dan memastikan kualitas jaringan dengan baik. Dengan demikian, lonjakan trafik saat libur Natal dan tahun baru bisa diatasi,” lanjutnya.
Demi melayani total lebih dari 58,3 juta pelanggan secara nasional, hingga saat ini, XL memiliki 49 Ribu BTS (BTS 2G dan 3G). Selain itu, XL juga telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30 ribu km yang menghubungkan hampir semua pulau-pulau utama di Indonesia.
(Kiri ke Kanan) Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,…
MIX.co.id – SIRCLO, penyedia solusi omnichannel commerce enabler, kembali menggelar E-Commerce Expo 2024, ajang pameran…
MIX.co.id - Pabrik SGM Prambanan berhasil memperoleh sertifikat industri hijau di 1st Annual Indonesia Green…
MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison melalui brand IM3 kembali menggelar program Pestapora bareng IM3, mulai…
MIX.co.id - Propan Raya kembali menjadi Partner pada program "BCI Asia Award 2024. Tahun ini…
MIX.co.id - Otsuka Indonesia dan Amerta Indah Otsuka berkomitmen untuk menjalankan program Bebas Tuberkulosis di…