Headline

Kesederhaan Sebagai Keunggulan Bersaing

ALDI, Dollar Shave Club dan Jet.com melakukan sesuatu yang besar yang pemain lama tidak dapat melakukannya. Disruption (pengganggu) lahir dari kesederhanaan (Amazon juga pernah menjadi disruptive dan kini berkembang menjadi raksasa). Mereka tidak mencoba menutupi kesederhanaan di atas sebuah proses yang sudah rumit. Merek pengganggu ini memahami perjalanan pelanggan end-to-end dan berkomitmen untuk menyederhanakan keseluruhan proses bagi konsumen.

Bagi perusahaan mapan, mengamati praktik pengganggu adalah cara yang bagus untuk mulai memahami kekuatan dari kesederhanaan. Dari perspektif pemasaran, mereka membuka pintu inovasi di sejumlah area baru dan menarik.

Misalnya, mereka berusaha meningkatkan kualitas seperti bagaimana pengiriman ke konsumen menjadi lebih baik dan lebih cepat. Mereka juga meningkatkan layanan seperti bagaimana proses pengembalian bila barang tidak cocok bisa dilakukan konsumen secara lebih sederhana dan lebih cepat tanpa biaya, bagaimana pengecer lainnya bisa menemukan barang lebih mudah dan lebih cepat.

Mereka berfokus pada aspek penting dari kesederhanaan yang sering dilupakan merek lain, dan mengubahnya menjadi sesuatu yang bernilai. Misalnya, Dollar Shave Club melayani pengiriman langsung ke rumah. Mereka mengerti bahwa terdapat banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk berinovasi. Namun mereka menginvestasikan untuk berinovasi dalam distribusi sehingga bisa menghemat waktu.

Dalam konteks kesederhanaan, karena pemasar mempertimbangkan untuk meningkatkan pengalaman konsumen, penting untuk bertanya apakah perangkat tambahan yang mereka sediakan benar-benar diinginkan konsumen. Banyak perusahaan atau merek pengganggu besar sangat fokus pada pengehmatan waktu dan penghematan uang seperti Uber, Airbnb, Ally.

Ini karena sumber daya yang dimiliki dan berusaha didapat oleh konsumen yang paling berharga adalah waktu. Jika sebuah merek membantu mereka menyelamatkan waktu pelanggannya, mereka loyal. Jadi, nilai utama dari disruptive yang diinginkan konsumen adalah waktu dengan memberikan layanan kepada mereka kapanpun dan di manapun mereka sangat membutuhkannya.

Page: 1 2 3Lihat Semua

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Aplikasi PINTU Cetak Kinerja Positif sepanjang 2024

MIX.co.id - Aplikasi crypto all-in-one, PINTU, kembali mencetak kinerja positif sepanjang tahun 2024. Hal itu…

3 days ago

XL Axiata dan Xanh SM Berkolaborasi Hadirkan Solusi IoT bagi Industri Transportasi Listrik

MIX.co.id - XL Axiata melalui XL Axiata Business Solutions dan Xanh SM berkolaborasi untuk menghadirkan…

3 days ago

PLN Icon Plus dan Pertamina Geothermal Energy Bersinergi untuk Benchmarking Transformasi Bisnis

MIX.co.id - PLN Icon Plus baru saja mendapat kunjungan dari Pertamina Geothermal Energy (PGE). Kunjungan…

3 days ago

Digiplus Resmikan Gerai Baru di SMS 2 Tangerang

MIX.co.id – Digiplus, unit bisnis PT Mitra Adiperkasa Tbk., meresmikan gerai terbaru yang berlokasi di…

3 days ago

Toshiba Resmikan Gerai Shop In Shop di Lampung

MIX.co.id - Perusahaan elektronik Toshiba Lifestyle Indonesia resmi membuka Toshiba Shop In Shop, pada hari…

3 days ago

Ini Empat Inisiatif Rencana Aksi Net5.5G Indonesia

MIX.co.id - Saat ini, pasar global untuk IPv6 (versi terbaru dari Internet Protocol/IP yang dikembangkan…

4 days ago