MENGKOMUNIKASIKAN CSR (3)

Program Edukasi Hidup Sehat ala AQUA

Penulis: Wawan Setiawan

Belum banyak komunikasi program corporate social responsibility (CSR) yang dilakukan secara terintegrasi di banyak channel komunikasi. Namun ketika melaksanakan kegiatan yang bertujuan mengajak masyarakat menerapkan pola hidup sehat, Aqua berusaha mengkomunikasikannya secara terintegrasi.

Ini bermula dari pemukiran bahwa sejatinya isu kesehatan di Industri makanan dan minuman sudah sejak lama digaungkan. Akan tetapi, tidak semua konsumen concern terhadap isu ini. Karenanya sebagai perusahaan yang bergerak di industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), melalui program “It's In Me,” Aqua mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat.

“Program ini sebenarnya program tahun lalu (2011, Red), yang pada waktu itu mendapat apresiasi yang cukup baik. Terutama dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk hidup sehat yang dimulai dari individu masing-masing seperti pola makan dan minum sehat, atau berolahraga, dengan big campaign-nya, yaitu “Mulai Hidup Sehat Dari Sekarang”,” ungkap Joshua Gunawan, Senior Brand Manager Danone Aqua.

Persiapan program Aqua "It's In Me" memakan waktu lama, dimulai dari perencanaan di kuartal ke-3 2010, hingga eksekusi di medio Maret-April 2011 dengan munculnya TV Commercial (TVC) perdana di layar kaca. Program ini juga dikomunikasikan dalam websitewww.aqua.com/itsinme – di mana terdapat tips, konsultasi dengan dokter, games, dan link untuk bergabung dengan komunitas.

“Secara khusus memang kami memanfaatkan digital campaign, pemakaian website yang interaktif pun kami gunakan,” sahut Joshua.

Twitter @sehataqua dan Facebook Sehat Aqua yang link-in dengan website milik Aqua ini mampu menarik minat masyarakat untuk peduli, dan pada akhirnya mengikuti pola hidup sehat ala Aqua. “Tercatat pada minggu pertama setelah diluncurkannya, sebanyak 5.000 orang antusias mengikuti kampanye ini melalui kanal digital. Tingkat conversation program ini di media sosial pun ikut meningkat,” sambut Joshua.

Di luar aktivitas on-line, Aqua menyelenggarakan acara kuliner sehat di Jakarta, lari bareng di Bandung, dan kegiatan serupa di beberapa daerah. Dan itu semua terintegrasi dengan konsep Aqua “It's In Me,” tuturnya.

Becky Tumewu sebagai salah satu endorser kampanye AQUA "It's in Me".

It's In Me juga menggaet lebih dari 20 public figure sebagai endorser untuk memotivasi dan menginspirasi masyarakat agar mulai hidup sehat. “Dalam beberapa TV Commercial sedikitnya kami memasukan 8 orang endorser di antaranya Nicholas Saputra, Denny Sumargo, Richard Sam Bera, Becky Tumewu, dan lainnya untuk program ini.” terang Joshua di kantornya dibilangan kuningan, Jakarta.

Aqua Group – termasuk Danone di dalamnya – menjalankan program CSR sejak 2006. Program itu dilakukan melalui serangkaian kegiatan terintegrasi dari hulu sampai hilir dengan pendekatan multi-stakeholder yang disebut dengan Aqua Lestari.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)