Nielsen Indonesia mengumumkan produk baru dalam hal pengukuran iklan digital, yaitu Digital Ad Ratings (DAR). Solusi tersebut memungkinkan klien untuk menggunakan gabungan antara GRP (gross rating point) dan performa data untuk memahami nilai atau harga yang sebenarnya dari tiap digital ad. DAR merupakan hasil kerjasama Nielsen dengan Sizmek dan sudah tersedia melalui Sizmek GRP Dashboard.
Service DAR menawarkan pengukuran yang transparan dan dapat ditindaklanjuti untuk iklan digital. Selain itu DAR juga dipromosikan akan memberikan informasi terkini secara harian bagi industri mengenai kampanye-kampanye yang dijalankan di semua layar digital.
DAR akan memberikan laporan rinci mengenai audiens yang unik dari sebuah kampanye pada perangkat komputer dan mobile. Sementara Sizmek GRP Dashboard menjanjikan akan membantu klien untuk menentukan di mana mereka perlu menambah atau mengurangi belanja iklan, dengan menyediakan gambaran yang terintegrasi serta analisa atas data ad server dari Sizmek dan GRP dari Nielsen.
Melalui hasil analisa tersebut, klien bisa mengetahui secara mudah dan nyaman apakah kampanye yang mereka lakukan berhasil mencapai tujuan atau tidak. Dari situ, klien bisa menentukan langkah apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja kampanye tersebut.
Hingga saat ini, pengukuran audiens masih terbatas pada usia dan jenis kelamin. Padahal sejalan dengan terus berkembangnya industri digital, pemasar yang memasang iklan berdasarkan atribut-atribut tertentu juga harus mampu mengoptimalkan dan memvalidasi iklan mereka dengan lebih rinci.
“Pengukuran audiens membantu memberikan informasi yang lebih akurat bagi pengiklan pada saat menentukan di media mana mereka akan beriklan,” tutur Joey Chee, Southeast Asia Country Manager Sizmek. Melalui kemitraan dengan Nielsen, lanjutnya, klien akan mendapatkan informasi untuk mencapai audiens dengan lebih efektif dan efisien karena mereka bisa memahami siapa audiens-nya dengan lebih baik, serta bagaimana kampanye tersebut dapat menarik hati audiens.
Menurut Hellen Katherina, Director Media Industry Group Nielsen Indonesia, integrasi antara data demografif Nielsen dan data kinerja online Sizmek tersebut sangat sesuai dengan kebutuhan pengiklan serta pemasar saat ini, yang menginginkan adanya pandangan menyeluruh atau 360 derajat bagi kampanye mereka. Metrik GRP (Gross Rating Point) telah mendasari pengukuran audiens televisi selama beberapa dekade dan menyediakan pemahaman yang berharga tentang jangkauan dan frekuensi bagi para pemasar online.
Selain di Indonesia, perangkat ini juga sudah ada di Amerika Serikat, Inggris, Australia, Jerman, Italia, Kanada, Perancis serta Brazilia. Di Amerika Serikat, Digital Ad Ratings telah tersedia pada platform Sizmek sejak Juli 2014.