Categories: HeadlineNews Trend

Retail Trends 2013 – Hadapi Asing, Retailer Lokal Harus Migrasi ke E-Commerce

Di Indonesia sendiri pertumbuhan e-commerce mencapai 50% di kuartal 4, 2012 dibanding tahun sebelumnya dengan total perputaran uang mencapai Rp 10 triliun, sedangkan tingkat penjualan online diperkirakan terus meningkat 15% di kuartal 1 tahun 2013 ini.

“Sekarang selain mencari toko (retail) secara fisik, konsumen juga akan mencari di digital. Ini karena selain domestik people, global people pun mencari hal yang serupa untuk mencari informasi produk dan harga yang menarik (murah dan berkualitas) melalui website dan sosial media.” kata Pudjianto.

Sejurus dengan hal tersebut, peran teknologi digadang mampu untuk menaikkan brand retail ke level global, seperti yang dicontohkan wal-mart melalui mobile phone untuk aplikasi e-commerce, dan lainnya. Karenanya, Pudjianto menyakini, trend retail global termasuk di Indonesia akan mengarah fokus di perdagangan secara online (e-commerce). “Era kita sudah berubah, perkembangan teknologi juga mempengaruhi operasional bisnis retail,” katanya.

Menurut Pudjianto, ritel Indonesia kemungkinan besar akan masuk ke konsep yang baru, yaitu store without store. “sebenarnya hal ini sudah mulai sejak lima tahun yang lalu, walau intensitas dan perkembangannya masih kecil namun diperkirakan akan semakin massive digunakan sebagai sebuah media transaksi (e-commerce).”

Konsep ini memang mempermudah konsumen dengan pembelian barang yang bisa dilakukan secara online dan barang diantar langsung, sehingga konsumen tidak perlu datang ke outlet atau gerai. “Namun penjualan secara online juga memiliki kendala, misalnya barang fashion, mungkin bisa dijual melalui e-commerce. Tapi penjualan barang – barang kebutuhan sehari – hari sulit dilakukan mengingat marjin produk ini jenis ini lebih tipis. Kalau yang groceries marjin tipis. Mau tidak mau yang bisa melakukan itu adalah yang punya jaringan dan modal besar,” katanya.

 

Page: 1 2 3Lihat Semua

Fahmi Abidin

Recent Posts

KESALAHAN UMUM DALAM KOMUNIKASI KEBERLANJUTAN

Komunikasi keberlanjutan membutuhkan transparansi dan kejujuran. Namun, banyak perusahaan tergelincir dalam kesalahan seperti greenwashing, overclaiming,…

3 days ago

ERA BARU TANGGUNG JAWAB: GREENWASHING VS GREEN AUTHENTICITY

Era baru tanggung jawab menuntut perusahaan memilih antara greenwashing atau Green Authenticity (keaslian hijau). Keberlanjutan…

3 days ago

GREENWASHING VERSUS GREEN AUTHENTICITY, APA BEDANYA?

Greenwashing dan green authenticity menjadi isu krusial dalam pemasaran hijau. Apa dampaknya pada kepercayaan konsumen…

3 days ago

Employee Volunteering, Zurich Asuransi Indonesia “The Best Employee Volunteering Program” Indonesia Corporate Sustainability Initiatives 2024

MIX.co.id - Zurich Indonesia melibatkan para karyawannya dalam berbagai kegiatan sosial. Pada perayaan HUT Zurich…

3 days ago

Anlene dan PEROSI Ajak Masyarakat Terbebas dari Risiko Osteoporosis

MIX.co.id - Data menunjukkan bahwa 2 dari 5 penduduk Indonesia berisiko terkena osteoporosis, dan sekitar…

3 days ago

Edukasi Water Rescue Siswa, Nawakara Perkasa Nusantara “The Best Employee Volunteering Program” Indonesia Corporate Sustainability Initiatives 2024

MIX.co.id - Kegiatan volunteer dalam tim Emergency Response Team (ERT) adalah bagian dari productservice Nawakara.…

3 days ago