Demi menumbuhkan penggunaan layanan elektronik untuk melakukan pengiriman paket, dokumen, dan kiriman lain, TNT Indonesia menggelar roadshow temu pelanggan (customer gathering) di 10 kota.
Bandung pun menjadi salah satu kota pilihan roadshow, yang perhelatannya digelar pada pertengahan November tahun ini (14/11). Lantaran, Bandung merupakan salah satu dari lima cabang terbesar TNT di Indonesia—selain Jakarta, Surabaya, semarang, dan Medan. Selain itu, bagi TNT, Bandung dan sekitarnya merupakan salah satu kawasan yang memberikan kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan bisnis TNT di Indonesia.
Tahun 2013 lalu, untuk kawasan Bandung dan sekitarnya, TNT Indonesia berhasil mencatat pertumbuhan di atas pertumbuhan rata-rata di industri sejenis. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan potensi bisnis jasa logistik di kota Bandung dan sekitarnya, terutama untuk jasa pengiriman barang-barang ke luar negeri (ekspor).
Bandung merupakan satu kota paling dinamis di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi kota Bandung dan sekitarnya selama lima tahun terakhir berkisar 8% per tahun dan selalu lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang rata-rata sekitar 6% per tahun. Pertumbuhan ekonomi itu juga diikuti oleh pertumbuhan bisnis jasa pengiriman yang terus meningkat dari tahun ke tahun.
Sementara itu, dengan pesatnya pertumbuhan pasar internet di Indonesia, yang diperkirakan pada tahun 2015 akan terdapat sekitar 25 miliar perangkat yang terhubung dengan internet baik dalam bentuk gadget maupun bentuk lainnya, maka TNT akan terus mendorong pelanggan untuk menggunakan aplikasi layanan elektronik.
“Dengan potensi pertumbuhan bisnis serta karakteristik pelanggan di wilayah Bandung, yang sangat terbuka terhadap perkembangan teknologi, kami yakin bahwa layanan elektronik akan menjadi platform pilihan utama dalam aktivitas pengiriman paket, dukumen, dan barang lainnya di kota Bandung,” ujar Tomy Sofhian, Managing Director TNT Indonesia.
Seiring pertumbuhan penggunaan internet di Indonesia, TNT telah mencatat adanya peningkatan dalam hal penggunaan layanan berbasis elektronik, seperti pemesanan dan pencarian informasi mengenai pengiriman barang (tracking).
“Saat ini, mayoritas pelanggan TNT sudah memanfaatkan layanan online kami, my.tnt.com. Ke depan, diharapakan seluruh pelanggan TNT akan menggunakan layanan online. Untuk itu, kami akan terus mendorong penggunaan layanan berbasis elektronik atau online lewat my.tnt.com, sehingga menjadikan TNT Indonesia sebagai yang terdepan dalam hal inovasi layanan kepada pelanggan,” lanjutnya.
Roadshow yang digelar TNT merupakan upaya edukasi kepada pelanggan seputar my.tnt.com—aplikasi personal (pribadi) yang dirancang untuk membantu aktivitas pengiriman menjadi lebih mudah dan efisien. Menurut Tomy, layanan tersebut akan jauh memudahkan dan memperlancar proses pengiriman, karena aplikasi itu akan memungkinkan pelanggan untuk lebih cepat dalam melakukan pemesanan (booking), pelacakan (tracking), dan pengaturan (managing) pengiriman.