Headline

SKIMPFLATION

Di toko bata-dan-mortir, pembeli menunggu dengan sabar untuk layanan, dan sering mengalami pengalaman berbelanja yang kurang sempurna untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Di online mereka menuntut lebih dari itu. Mereka menuntut kepuasan instan dan pengalaman pelanggan yang sempurna.

Pada situasi seperti itu Anda harus memberikan, pertama kali, dan setiap waktu. Jika Anda gagal untuk terlibat, mempertahankan dan memenuhi harapan mereka sesuai permintaan, mereka hilang, atau  menghilang bisa seketika secepat mereka datang.

Lalau bagaimana strateginya agar tidak memunculkan kekecewaan pelanggan karena pengurangan atau penyusutan layanan itu?  Januari 2022 lalu, Domino’s Pizza “memberi tip” sebesar $3 kepada pelanggan jika mereka memesan secara online dan memilih untuk dibawa pulang. Domino’s Pizza berharap dapat memberi insentif kepada pelanggannya untuk memilih bawa pulang daripada pengiriman.

Promosi ini merupakan salah satu strategi Domino’s menghadapi kekurangan pekerja. Kekurangan tenaga kerja telah menjangkiti perusahaan-perusahaan Amerika — khususnya perusahaan yang membayar upah rendah.

Persentase orang Amerika yang berada di pasar kerja, baik sebagai pekerja atau sebagai pencari kerja aktif — diukur dengan tingkat partisipasi angkatan kerja – kini jauh berada di tingkat pra-pandemi. Pada Desember, partisipasi angkatan kerja mencapai 61,9%, setelah memulihkan sekitar setengah dari apa yang hilang pada puncak pandemi dibandingkan dengan tingkat Februari 2020 sebesar 63,3%.

Inflasi juga menekan Domino. Baru-baru ini, Domino’s mengumumkan perubahan termasuk memotong jumlahnya dari 10 potong menjadi hanya delapan karena biaya melonjak. Domino juga membuat kesepakatan itu untuk penjualan melalui online. Ini berarti lebih sedikit pekerja yang dibutuhkan untuk menjawab telepon.

Menurut CEO Domino Richard Allison, perusahaan berharap berhasil menghadapi “kenaikan harga makanan  yang belum pernah terjadi sebelumnya.”  Dia menjelaskan bahwa biaya bahan-bahannya meningkat 8% hingga 10% dibandingkan tahun lalu. Itu jauh lebih tinggi dari kenaikan biasa 3% hingga 4% yang biasanya diperkirakan Domino’s.

Page: 1 2Lihat Semua

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Gandeng Solventum dan PDGI, Cobra Dental akan Gelar “Denta Festiva 2025”

MIX.co.id - Cobra Dental berkolaborasi dengan Solventum dan PDGI Cabang Jakarta Pusat menggelar “Denta Festiva…

3 days ago

Rayakan HUT ke-25, One Piece x Tahilalats Gelar ‘Party at The Pier’

MIX.co.id – Dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-25, One Piece, salah satu seri…

3 days ago

Buka di Stasiun Gambir, Smartfolks Coffee Targetkan 300 Outlet di 2025

MIX.co.id - Berawal dari satu gerai di area Kampus Trisakti pada September 2019, kini Smartfolks…

3 days ago

Rayakan Re-Launching T-Rex 3, Amazfit Gelar “Gear Up for Adventure”

MIX.co.id – Amazfit, brand global dalam teknologi wearable, merayakan re-launching smartwatch Amazfit T-Rex 3 dengan…

3 days ago

Raisha Wirapersada, Media Relations Officer Multitalenta

MIX.co.id - Raisha Wirapersada memulai kariernya sebagai Fashion Stylist Assistant di Majalah Kartini pada 2010,…

3 days ago

Jelang Akhir Tahun, Asus Rilis Laptop Gaming Tipis Berteknologi AI

MIX.co.id - Belakangan ini, tren yang tengah terjadi di industri laptop adalah laptop ber-body yang…

3 days ago