Kendati pasar elektronik, termasuk produk AC, mengalami penurunan di tahun 2014 lalu, Panasonic tetap optimis tahun 2015 pasar AC akan membaik. Mengingat, penetrasi AC masih tercatat rendah di Indonesia.
Panasonic tetap optimis tahun 2015 pasar AC akan membaik
"Meskipun penetrasi market AC masih rendah, saat ini AC sudah bukan lagi barang mewah. Hal ini berbeda dengan kondisi market pada lima tahun lalu yang menganggap AC sebagai barang mewah. Optimisme meningkatnya pasar AC juga dipicu oleh pertumbuhan properti seperti apartmen dan hunian kecil yang membutuhkan barang-barang elektronik hemat listrik, termasuk AC. Untuk itu, pasar AC di tahun 2015 ini diprediksi akan naik 6 persen," ungkap Heribertus Ronny, Product Manager AC Panasonic Gobel Indonesia.
Keyakinan Panasonic akan potensial pasar AC, juga diperkuat oleh pertumbuhan AC Panasonic di tahun 2014 yang mencapai 118 persen. Tak mengherankan jika AC menjadi salah satu kategori produk andalan dari Panasonic. "Kontribusi AC terhadap total penjualan Panasonic mencapai 40 persen," ungkap Hiroyoshi Suga, President Director PT Panasonic Gobel Indonesia, yang menyebutkan bahwa di tahun 2014 total penjualan Panasonic tumbuh double digit.
Berangkat dari fakta itu, awal tahun ini (22/1) Panasonic--yang kini menjadi market leader dengan menguasai pangsa pasar 27 persen di market AC--meluncurkan AC anyarnya dengan teknologi ramah lingkungan, salah satunya refrigeran generasi terbaru R32, dan hemat listrik hingga 65 persen. Diuraikan Ronny, berdasarkan consumer insight yang Panasonic lakukan, konsumen Indonesia makin kritis.
"Konsumen Indonesia yang kritis ternyata memiliki sejumlah kebutuhan dan ekspektasi akan AC. Pertama, konsumen ingin AC uang lebih cepat dingin. Kedua, konsumen tidak suka AC yang direct flow karena mereka butuh kenyamanan. Ketiga, konsumen juga mengharapkan AC yang mampu membersihkan udara. Keempat, konsumen membutuhkan AC yang mampu menghilangkan bau," papar Ronny.
Berdasarkan consumer insight tersebut, Panasonic menghadirkan AC dengan refrigeran ramah lingkungan R32, serta teknologi iAuto-X pada seri AC Inverter guna meningkatkan kenyamanan konsumen. "Hal ini sesuai dengan slogan kami, A Better Life A Better World," tambah Hiroyoshi.
Demi mensukseskan program tersebut, Panasonic bakal menggelar berbagai kegiatan marketing komunikasi secara massif pada bulan Januari hingga April ini. Antara lain, berkomunikasi melalui iklan TV, cetak, dan radio.
"Kami juga akan melakukan display di toko untuk mengkomunikasikan berbagai fitur baru dari AC Panasonic baru ini. Termasuk, memperkuat added value kami sebagai produk AC yang memberikan dingin ektra cepat," lanjut Ronny yang menargetkan penjualan AC Panasonic di tahun 2015 mencapai 120 persen.