PT Honda Prospect Motor (HPM) menargetkan pangsa pasar 8,3 persen dari total pasar otomotif Indonesia yang diproyeksi oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencapai angka 1,2 juta unit di 2013. Hal tersebut dikatakan Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT HPM Jonfis Fandy dalam Honda Media Gathering, hari ini (13/2) di Jakarta.
"Tahun ini kami optimis akan mencapai angka penjualan sebesar 100 ribu unit, atau meningkat 44% dibandingkan pencapaian penjualan di tahun 2012 sebesar 69.320 unit. Selain itu, kami juga menargetkan market share Honda di Indonesia naik dari 5,2 persen menjadi 6,2 persen," paparnya.
Sepanjang tahun 2012 lalu, Honda mencatat penjualan sebanyak 69.320 unit, atau meningkat 53 persen dibandingkan tahun 2011 sebanyak 45.416 unit. Dan di awal tahun 2013, HPM mencatat performa cukup baik, dengan total penjualan 5.746 unit pada Januari lalu.
Ia mengatakan, ada sejumlah strategi yang akan dilakukan HPM demi tercapainya target di 2013. Pertama, HPM akan meningkatkan kapasitas produksi pabrik pertamanya di Karawang, dari 60 ribu unit menjadi 80 ribu unit per tahun, dengan nilai investasi USD 35 juta atau sekitar Rp 339 miliar. Sementara, pabrik kedua dengan nilai investasi Rp 3,1 triliun --yang masih dalam tahap pembangunan--, diperkirakan akan selesai sebelum April 2014, dan akan memenuhi kapasitas produksi hingga 120 ribu unit per tahun.
"Di samping itu, tahun ini kami juga akan meluncurkan lima varian terbaru. Yang pertama New Honda Jazz sudah kami luncurkan akhir Januari 2013 lalu. Keempat varian terbaru lainnya terdiri dari All New Accord, CR-Z, dan dua lagi, antara lain model city carlow cost green car (LCGC) dan satu lagi refreshment dari model yang sudah ada," ujar Jonfis.
Di tahun ini, HPM juga berencana memperluas jaringan dealer resminya di Indonesia. Setelah diperkuat oleh 89 dealer resmi, hingga Februari ini HPM juga telah melakukan penunjukan 31 dealer baru. Dan pada akhir 2014 mendatang, HPM menargetkan akan memiliki 150 dealer resmi yang tersebar di seluruh Indonesia.
"Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendekatkan produk Honda ke pelanggan, kami juga menambah layanan purna jual terbaru, yaitu Honda Mobile Service yang terdiri dari Roadside Assistance Service (RAS), Home Service, dan Pick Up Service. Ketiga layanan tersebut akan melayani kebutuhan servis, kapanpun dan dimanapun customer kami berada. Layanan ini didukung dengan 89 armada mobil Freed dan 89 motor yang tersedia di 89 dealer resmi kami saat ini," jelas Jonfis.
Sebagai informasi, sepanjang tahun 2012, Honda mencatat penjualan sebesar 69.320 unit, atau meningkat 53 persen dibandingkan di tahun 2011 sebanyak 45.416 unit. Di awal tahun 2013 ini, Honda juga mengawali performa yang cukup baik, dengan total penjualan 5.746 unit pada Januari lalu, yang terdiri dari New Honda Jazz 2.337 unit, CR-V 1.891 unit, Freed 922 unit, Brio 444 unit, City 96 unit, Civic 53 unit, Odyssey 2 unit, dan Accord 1 unit.
2 thoughts on “Targetkan Total Penjualan 100 Ribu Unit di 2013, HPM Incar Pangsa Pasar Otomotif 8,3%”