Jangan pernah berharap kontributor marketing (penulis lepas yang juga praktisi marketing) akan membaca siaran pers yang dikirim, jika siaran pers yang dikirimkan berformat tradisional. Sebab, kontributor marketing adalah juga seseorang yang tengah bekerja di sebuah perusahaan, dimana di waktu yang sama dia juga berprofesi sebagai kontributor. Waktu sangatlah penting bagi mereka. Oleh karena itu, mereka menyukai konten atau materi rilis yang mampu menolong mereka untuk dapat engage dengan audience.
#3 Buku Adalah Salah Satu “Good PR”
Buku dapat memudahkan brand untuk menggambarkan secara detil, dibandingkan konten online. Bahkan, buku juga dapat mengatasi hambatan kepercayaan dan membantu perusahaan dalam menarik peluang PR. Buku juga dapat digunakan sebagai aset untuk dikirim ke pendukung merek dan orang-orang penting lainnya, seperti investor, penyelenggara konferensi, dan kontributor. Menariknya, sebuah buku bisa memposisikan perusahaan Anda sebagai perusahaan yang berbasis pengetahuan, alias bukan hanya sales-driven.
#4 Semakin Mampu Mengukur Efektivitas PR
Perkembangan teknologi merupakan peluang besar bagi PR untuk mengukur efektivitas programnya, termasuk ROI (Return of Investment). Contohnya, melalui teknologi PR dapat memantau para influencer yang telah men-share konten dari brand atau perusahaan melalui media sosial. Termasuk, mengukur engagement dan seberapa banyak pengikut mereka kembali men-share untuk kemudian menjadi viral.
#5 Menyelaraskan Strategi PR and SEO
Lima tahun yang lalu, PR dan SEO (Search Engine Optimization) merupakan dua departemen yang sama sekali berbeda. Artinya, SEO merupakan tim pemasaran digital dan PR bagian inti dari departemen komunikasi. Namun, SEO terus berkembang dan Google terus memperbaiki kualitas kontennya.
Biasanya, dua fungsi utama dari departemen PR adalah mempublikasikan konten tentang brand atau perusahaan dan memastikan pers atau media telah menulis tentang konten perusahaan tersebut. Sejatinya, dengan ditulisnya konten tersebut oleh media online, maka akan mempengaruhi hasil pencarian di mesin pencari.
MIX.co.id - Data yang dirilis Statista menyebutkan, perusahaan fintech (financial technology) tumbuh signifikan dari 51…
MIX.co.id – REJO, merek produk perintis Heat Not Burn (HNB), berpartisipasi dalam pameran World Tobacco…
MIX.co.id - Merayakan Hari Batik Nasional, Oreo, sebagai brand unggulan dari Mondelez Indonesia, meluncurkan edisi…
MIX.co.id – Tokuyo, produsen alat kesehatan, mencuri perhatian pengunjung di ajang Taiwan Excellence Happy Run…
MIX.co.id – Indonesia merupakan pasar potensial bagi industri teknologi Artificial Intelligence (AI). Market size AI…
MIX.co.id - LG Electronics meraih peringkat ke-97 sebagai salah satu perusahaan terbaik di dunia dengan…