Headline

Tujuh Tren PR di 2017

Jelang akhir tahun, pemasar sudah mulai disibukkan dengan tugas merancang bujet atau anggaran marketing untuk tahun depan. Begitu juga dengan divisi public relations (PR). Sebagai strategi yang seringkali digunakan untuk menciptakan eksposur dan menghasilkan buzz melalui media, maka PR harus senantiasa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Mengingat, konten dan influencer sangat berpengaruh pada era digital.

 

Demi menghadapi tahun 2017, maka penting bagi praktisi PR dan tim PR untuk mencermati tren apa saja yang akan terjadi di 2017. John Hall, seperti yang dikutip dari Forbes.com, mengatakan bahwa ada tujuh tren PR yang akan mendominasi di tahun depan.

 

Berikut ini ketujuh tren tersebut.

 

#1 Earned Media yang Pertama

Dalam dunia pemasaran dan komunikasi, seringkali kita mendengar istilah Paid Media, Owned Media, dan Earned Media. Jika Paid Media adalah pemasangan iklan di media dengan cara berbayar; Owned Media adalah media yang dibangun oleh brand/perusahaan dan kontennya dikontrol oleh brand/perusahaan; maka Earned Media adalah ketika para fans atau follower melakukan respon, antara lain dengan me-retweet, likes, share, dan sebagainya, terhadap iklan atau konten yang disampaikan oleh brand melalui paid media dan owned media. Earned media di masa sebelumnya dasarnya adalah PR, yaitu respon media yang menulis tentang suatu brand.

Sejatinya, dengan earned media, maka brand atau perusahaan dapat memperoleh kredibilitas secara gratis. Mengapa? Sebab, konsumen atau publik akan lebih percaya dengan apa yang di-share dan direkomendasikan oleh konsumen lainnya. Upaya PR lainnya adalah dengan cara membangun karyawan kunci sebagai influencer. Antara lain, dengan menjadikan pemimpin perusahaan sebagai pembicara di berbagai kegiatan atau event.

 

#2 PR Sedang Bergeser ke Kontributor Marketing

Page: 1 2 3

Dwi Wulandari

Recent Posts

Ramaikan Pasar Kuliner di Indonesia, Ayam Cap Nikmat dan Jus Aja! akan Buka Peluang Kemitraan

MIX.co.id - PT Mitra Boga Ventura (MBV Group) resmi meluncurkan brand kuliner terbarunya, Ayam Cap…

8 hours ago

Sharp Umumkan Pemenang Program “Sharp Lovers Day-Fiestapora”

MIX.co.id - Program "Sharp Lovers Day-Fiestapora" baru saja berakhir pada penghujung Maret 2024 lalu. Sukses…

24 hours ago

MGID Raih Penghargaan “Asia-Pacific Stevie Awards 2024”

MIX.co.id - Platform periklanan global MGID berhasil menyabet penghargaan Bronze Stevie® Awards di ajang "Asia-Pacific…

1 day ago

MPMInsurance Edukasi Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

MIX.co.id – Perusahaan asuransi umum MPMInsurance, anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. mengedukasi pentingnya…

1 day ago

Kinerja Solid, Prudential Tumbuh 15 Persen Sepanjang 2023

MIX.co.id – Kinerja apik berhasil ditorehkan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential…

1 day ago

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Hadirkan Kategori Baru

MIX.co.id - Program "PropertyGuru Indonesia Property Awards" akan kembali digelar pada 23 Agustus 2024 mendatang…

1 day ago