IMC Solution

Kecerdasan Buatan dalam Iklan dan Public Relations

 

Saat ini, beberapa perusahaan memanfaatkan platform kecerdasan buatan (artificial intelligence – AI) untuk menangani beberapa pekerjaan perencanaan dan pembelian space media yang secara tradisional dilakukan oleh agensi media.

Sudah banyak perusahaan yang menerapkan aplikasi kecerdasan buatan dalam proses bisnis mereka. Ini karena pembelajaran mesin dianggap lebih unggul dalam menjalankan banyak tugas yang pernah dilakukan oleh manusia, meski hal itu tidak berarti menghilangkan pekerjaan yang selama ini dilakukan manusia.

Salah satu industri besar yang saat ini getol-getolnya mengaplikasikan AI adalah periklanan. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan media digital dan agensi iklan besar mulai mengintegrasikan teknologinya ke dalam platform digital mereka. Tjuannya adalah untuk menciptakan kampanye bertarget yang lebih baik, membangun proses bisnis yang lebih efisien, dan mengembangkan basis klien mereka.

Awal 2017, Saatchi & Saatchi LA, agen kreatif global terkemuka, melakukan kampanye Facebook untuk Toyota yang menggabungkan program kreatif dan AI dengan menggunakan IBM Watson. Watson membantu biro iklan membuat konten iklan yang lebih dipersonalisasi dengan mengidentifikasi insight konsumen dari sejumlah besar data Facebook.

Untuk mempromosikan Crossover Rav4, Januari 2017 Saatchi membuat 1.000 video Facebook yang konten dan kreatifnya disesuaikan minat audiensenya. Informasi tentang minat tersebut diidentifikasi di halaman Facebook orang dengan melihat hal-hal yang mereka sukai dan klik. Misalnya, salah satu iklan yang menargetkan orang-orang yang menyukai seni bela diri dan barbekyu, dan mendorong mereka untuk mencoba aktivitas yang disebut “taikwan tenderizer” untuk melunakkan potongan daging.

Chris Pierantozzi dari Saatchi LA, mengatakan bahwa teknologi “memungkinkan kami untuk menggali lebih dalam wawasan yang biasanya tidak dapat kami akses. Kami sedang melihat mesin untuk membantu kami menemukan pola unik yang orang-orang bicarakan, perilaku yang mereka lakukan atau hal-hal lain yang biasanya tidak kami lihat.”

Pierantozzi menyebut jenis iklan ini sebagai penceritaan yang fleksibel. Maksudnya, “Anda memiliki cerita, Anda memiliki ide, dan [tetapi] apa yang kami lakukan adalah membuat hal-hal semacam itu yang membuatnya merasa lebih pribadi.”

Perusahaan pemasaran dan komunikasi arus utama lain yang mengintegrasikan AI ke dalam bisnis mereka adalah JWT Canada. Pada 2015, agensi bekerja dengan Starmind, perusahaan perangkat lunak AI di Swiss, untuk menciptakan platform komunikasi internal yang didukung AI yang mereka sebut Pangaea.

Dengan menggunakan perangkat seluler, komputer desktop, atau situs web mandiri, karyawan JWT yang berjumlah 12.000 dapat menggunakan Pangaea untuk berkomunikasi dengan jaringan internal biro iklan tersebut. Ketika mereka perlu mengajukan pertanyaan, atau butuh bantuan dengan sesuatu, misalnya, karyawan hanya membuka aplikasi dan mengajukan pertanyaan mereka.

Apa yang membedakannya dari email massal, atau aplikasi perpesanan lainnya adalah bahwa Pangea menggunakan AI untuk memastikan pertanyaannya sampai kepada orang yang tepat. “Ini mirip seperti iklan terprogram,” kata Guy Murphy, Direktur Perencanaan Worldwide JWT. “Ini dapat menargetkan secara ketat, jika perlu, pertanyaan untuk orang yang paling relevan dalam jaringan.”

Page: 1 2

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Binus Graduate Program Luncurkan Program Magister Desain

MIX.co.id - BINUS Graduate Program resmi merilis Program Magister Desain demi menjawab dinamika pasar yang…

18 hours ago

Targetkan Pangsa Pasar 27%, Ini Strategi yang Dipersiapkan Allianz Syariah di 2024

MIX.co.id - Penetrasi pasar asuransi syariah di Indonesia masih tercatat rendah, yakni masih di bawah…

18 hours ago

Majukan Fintech P2P Lending, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan

MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…

1 day ago

Q1 2024, Pendapatan Indosat Tumbuh 15,8%

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…

1 day ago

“Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2024” Jangkau Pelajar hingga Papua

MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…

1 day ago

J&T Express akan Kembali Menggelar “J&T Connect Run 2024”

MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…

2 days ago