Bank Syariah Indonesia "The Best Brand Guardian in Branding Team Category"

Bank Syariah Indonesia (BSI) resmi beroperasi pada 1 Februari 2021 sebagai bank hasil penggabungan (merger) tiga bank syariah terbesar di Tanah Air, yaitu Bank Syariah Mandiri, Bank BNI Syariah, dan Bank BRIsyariah.

BSI memiliki total aset Rp 240 triliun dan menempati urutan ke-7 bank terbesar nasional. Dari sisi aset, likuiditas BSI sangat baik, sehingga menjadi magnet untuk menggaet nasabah. Namun dari sisi branding, BSI relatif belum dikenal luas karena tergolong pemain baru di ranah perbankan nasional.

Hal inilah yang mendorong tim brand guardian BSI melakukan serangkaian aktivitas marketing untuk menciptakan brand awareness hingga top of mind di benak sebagai bank syariah terpercaya.

Tim brand guardian BSI sendiri digawangi Group Marketing Communication yang langsung di bawah supervisi President Direktur. Di bawahnya, terdapat beberapa department kerja, yakni retail business marketing communications, wholesale business marketing communications, digital marketing communications, dan creative content.

Strategi tim untuk menciptakan euforia brand dilakukan saat peluncuran BSI yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 1 Februari 2021, bertepatan dengan Hari Hijab Sedunia. Acara peluncuran dipublikasi oleh berbagai media konvensional, portal digital, hingga platform digital dan media sosial agar brand BSI makin dikenal khalayak.

Tidak hanya sampai di sini. Upaya brand building dilakukan tim melalui aktivitas marketing, seperti melakukan kampanye untuk meningkatkan awareness terhadap produk-produk Bank Syariah Indonesia melalui program talkshow “HarMoney Life” yang ditayangkan setiap Jumat di platform IGTV dan YouTube Bank Syariah Indonesia selama bulan Maret – Juni 2021. Program ini memberikan edukasi literasi syariah kepada masyarakat Indonesia dalam kemasan podcast santai dan kekinian.

Selama Ramadhan, tim menyelenggarakan event virtual bertajuk “BSI Ramadhan Fest”, yang diisi dengan kegiatan pameran virtual, kajian islami, talkshow, workshop, dan entertainment yang berlangsung selama April-Mei 2021. Event sebagai ajang literasi dan inklusi produk dan layanan keuangan syariah di masyarakat sekaligus mengedukasi keunggulan produk- produk BSI, seperti BSI Mobile, BSI Griya, BSI Oto, dan produk retail banking lainnya.

Masyarakat dapat mengakses gelaran akbar tersebut dengan mengakses www.BSIRamadhanFest.com. Dalam rangka memperingati Hari UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Internasional, BSI menyelenggarakan pelatihan kepada 1.000 UMKM di Indonesia. Program berlangsung mulai Juni hingga November 2021.

Melalui serangkaian program tersebut, masyarakat semakin aware dengan BSI, tidak hanya dikenal di kalangan pebisnis, tapi juga millennial. BSI mengukir prestasi dengan dinobatkan sebagai salah satu bank terbaik di dunia atau The World’s Best Bank 2021 oleh Forbes.

Tak heran, jika tim brand guardian BSl berhasil meraih predikat The Best Brand Guardian di kategeori Branding Team pada ajang “Indonesia Brand Communication Championship 2021” yang diselenggarakan Majalah Mix Marcomm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)