MIX.co.id - “Bringing The True Taste of Indonesia to the World (Memperkenalkan Cita Rasa Asli Indonesia Ke Ajang Dunia)” merupakan kampanye besutan PT Ikafood Putramas (Kokita) yang dimulai pada 2024 ini dan sampai sekarang masih berjalan.
Program ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness, penjualan, dan memperkuat positioning Kokita sebagai merek bumbu masak praktis siap saji yang identik dengan kuliner Indonesia. Melalui kampanye tersebut, tim komunikasi Kokita berupaya membangun brand image Kokita sebagai bumbu masak asli Indonesia yang berkualitas tinggi, dan juga untuk meningkatkan awareness dan brand recall KOKITA di dalam dan luar negeri. Lebih dari itu, tim Kokita sudah tentu juga menarget kenaikan penjualan Kokita di pasar domestik dan internasional.
Kampanye ini ditempuh melalui segala channel komunikasi, baik lini atas, lini bawah maupun lini digital media. Khusus untuk channel digital, mereka terlihat memaksimalkan hampir semua platform digital, mulai dari website dan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube. Di berbagai platform media sosial tersebut, mereka konsisten mengunggah konten-konten yang menarik dan informatif tentang bumbu Kokita serta berbagi tips-tips memasak.
Mereka juga mengeluarkan video yang menampilkan hidangan khas Indonesia dari berbagai daerah serta video tentang sejarah dan budaya kuliner Indonesia. Selain itu, mereka juga berupaya menciptakan engagement dengan audiens melalui hastagh challenge dan merekrut influencer marketing.
Dari sisi penjualan, Kokita juga memanfaatkan beberapa saluran distribusi e-commerce. Di beberapa marketplace, mereka melakukan penjualan dengan menawarkan berbagai promo dengan pilihan pembayaran serta pengiriman yang mudah dan nyaman.
Juri Yazied Syafaat mengamati brand ini sebenarnya memiliki banyak kelebihan. Namun ia menilai kampanye ini masih cenderung konservatif. (Nurur R Bintari)