The Most Creative Brand Communication in Integrated Brand Campaign Category"
Kampanye #LakukanDenganCaramu merupakan kampanye terintegrasi dari BTPN Jenius. Kampanye yang digelar mulai Februari hingga Desember 2021 ini berhasil meraih penghargaan “The Most Creative Brand Communication” untuk kategori Integrated Brand Campaign. Di kategori ini, kampanye #LakukanDenganCaramu berhasil menempati peringkat pertama, dengan total nilai indeks 81,20.
Kampanye #LakukanDenganCaramu menghadirkan tiga pilar konten, yakni #adajenius yang menyampaikan pesan bahwa Jenius memiliki beragam fitur yang dapat dikombinasikan sesuai kebutuhan; #carajenius, yang menyajikan pesan bahwa siapapun kamu, selalu ada cara untuk Jenius mengoptimalkan finansialmu; #barengjenius, yang mengkomunikasikan pesan bahwa Jenius dan pengguna selalu bersama-sama di dalam setiap langkah pengguna.
Di kampanye ini, BTPN Jenius memanfaatkan berbagai kanal komunikasi secara terintegrasi. Pertama, Public Relations Launch, antara lain dengan menggelar press conference “LakukanDenganCaramu”. Melalui kanal ini, Jenius berhasil meraih PR value senilai Rp 5.004.000.000, dengan Return of Investment (ROI) sebesar 63X.
Kedua, CoCreate Launch melalui kegiatan CoCreate online gathering dan mengkompilasi CoCreate Stories yang terkait “Lakukan Dengan Caramu”. Jenius CoCreate adalah platform komunitas untuk menfasilitasi ide, inspirasi, dan kreatif bagi para digital savvy. Lebih dari 20 ribu Jenius CoCreators telah tergabung dalam komunitas ini.
Dengan semangat #LakukanDenganCaramu, Jenius menggelar webinar series dengan para perempuan yang memiliki passion pada apa yang mereka lakukan dan ingin menjadi akhir di bidangnya. Webinar ini menghadirkan tema seputar karir, finansial, dan bisnis.
Ketiga, Digital Touchpoint Launch melalui kegiatan campaign landing page, blog article, social media, newsletter, awareness Ads, video, dan penggunaan KOL (Key Opinion Leader). BTPN Jenius juga berkolaborasi dengan Netflix mempromosikan film “Ali & Ratu Ratu Queens”. Film ini bercerita tentang bagaimana Ali mencoba menggapai mimpinya dengan pergi ke New York untuk bertemu dengan ibunya. Di film itu, Jenius membantu Ali dalam mengelola finansialnya dengan menggunakan Jenius.
Selain itu, Jenius juga menerbitkan beberapa artikel, seperti “#LakukanDenganCaramu: Beradaptasi, Berinovasi, dan Berkokreasi Bersama Jenius”, “Saling Menginspirasi dan Memberdayakan dalam Jenius Women Talks”, dan “Perspektif Setara dalam Perencanaan Keuangan Rumah Tangga”. Selain itu, BTPN Jenius juga menggunakan engagement tools, TV, dan komunikasi internal.
Hasilnya, terjadi kenaikan digital acquisition sebesar 11% di online dan 8% untuk organics pada periode April-Juni 2021 dibandingkan Januari-Maret 2021. Sementara itu, selama periode kampanye, PR value yang berhasil diraih mencapai Rp 9,7 miliar. Di media sosial, kampanye #LakukanDenganCaramu berhasil menghasilkan 49% lebih percakapan dan 145% lebih engagement. Bahkan, hastag #LakukanDenganCaramu juga meraih trending topic di Indonesia.