Indonesia Brand Communication Championship 2021

MIX.co.id – Disrupsi digital dan pandemi Covid-19, inilah dua tantangan yang terjadi saat ini. Para pemilik atau pengelola brand dituntut untuk menghadirkan strategi jitu yang mampu membangun brand engagement.

Hal itu tercuat pada sesi pembahasan dengan tema “Challenges  & Opportunities for Brand Comm in Pandemic Era” dalam webinar Brand Communication & Brand Guardianship in Times of Corona Virus  yang diselenggarakan Majalah Mix-Marcomm pada Kamis (16/9), di Jakarta.

Disrupsi ini membuat para wali merek (brand guardian) harus memutar otak agar brand yang dikawalnya tetap sustain dan memiliki vitalitas tinggi dalam menghadapi perubahan. Salah satu cara adalah membuat brand tetap relevan dengan pasar di tengah perubahan tersebut.

Pada sesi ini tampil sebagai pembicara,Creative Director Finch Agency, Max Roza Natadjaya; CEO Argo Asia Network, David Christ; Brand Strategy Head Bank CIMB Niaga, Muhamad Firdaus Andjar, dengan moderator Dyah Hasto Palupi, Senior Editor SWA.

Sementara pada sesi pembahasan kedua, mengangkat tema “Brand Guardianship in Triple Disruption” yang menghadirkan narasumber Janoe Arijanto, Senior Advisor Dentsu Indonesia sekaligus Ketua PPPI; Simon Jonatan, President Director Bintang Toedjoe; dan Ivan Ally selaku SVP Marketing Communication Bank Syariah Indonesia.

Demikian sekelumit event webinar bertajuk “Indonesia Brand Communication Championship 2021” dan merupakan event perdana yang diselenggarakan Majalah Mix-Marcomm.

Program ini merupakan kompetisi kreativitas komunikasi dalam rangka mengawal eksistensi brand yang diikuti oleh perusahaan pemilik brand, leader, dan/atau tim brand guardian di perusahaan, serta agensi yang membantu komunikasi brand.

Pemimpin Redaksi Majalah MIX-MarComm, Lis Hendriani mengungkapkan, rekognisi ini diselenggarakan dalam rangka menunjukkan kepada investor bahwa brand yang di-support-nya dikelola dan dikawal dengan baik oleh para brand guardian di perusahaan.

“Kami berharap melalui program ini, para pemilik merek dapat menjadikan kampanye brand ini sebagai brand credential yang dapat menambah kepercayaan konsumen. Sementara itu, bagi agency branding-nya, rekognisi ini diharapkan dapat menunjukkan level of service mereka dalam mengawal komunikasi brand kliennya," paparnya.

Program Indonesia Brand Communication Championship 2021 dibagi ke dalam tiga kategori besar, yaitu kreativitas brand campaign (Creative Brand Campaign); perwalian dan pengawalan eksistensi brand (Brand Guardianship); dan keandalan agensi (Branding Agency) dalam membantu komunikasi brand.

Masing-masing kategori lalu dibagi ke dalam beberapa sub-kategori. Kreativitas brand campaign dibagi menjadi TV Commercial, Brand Activation, Digital Brand Campaign, dan Integrated Brand Campaign. Perwalian dan pengawalan eksistensi brand dibagi ke dalam dua kategori, yakni Top Leader of Brand Guardian dan Brand Guardian Team. Terakhir, keandalan agensi dalam membantu komunikasi brand hanya satu kategori.

Untuk menentukan pemenang, proses penjurian dilakukan selama empat hari, yakni 15, 19, 26, dan 27 Juli 2021 oleh tim juri yang terdiri dari pakar di bidang masing-masing, media, dan akademisi. Proses penjurian digelar secara virtual melalui zoom meeting. "Penjurian secara virtual ini dilakukan setelah materi terlebih dahulu dievaluasi dan dilihat oleh dewan juri," ujar Lis.

Kriteria penilaian disesuaikan dengan masing-masing kategori. Ada lima kriteria penilaian untuk Creative Brand Campaign, yaitu formulasi pesan yang disampaikan (message) dalam rangka mencapai objektif brand, strategi atau ide besar dari kampanye, eksekusi ide besar ke dalam berbagai channel, dan hasil kampanye.

Brand Guardianship terkait pemahaman para guardian tentang brand essence, penjelasan tentang tonggak-tonggak bersejarah (milestone) dan pencapaian-pencapaian brand selama dikawal oleh para guardian ini, dan organisasi brand guardianship. Sedangkan Branding Agency difokuskan pada service blueprinting-nya, cara agensi melibatkan klien sebagai co-producer, dan strategi menciptakan client loyalty.

Berikut ini adalah Para Pemenang Indonesia Brand Communication Championship 2021:

The Best Brand Guardian Kategori Top Leader

  • Fenny Kusnaidy, Marketing Director Brand Communication Sasa Inti
  • Ainul Yaqin, Chief Marketing Officer Gojek
  • Simon Jonatan ,Chief Executive Officer Bintang Toedjoe
  • Triono Saputro, Direktur Eksekutif PPM Manajemen
  • Anie Rachmayani, Brand Director Personal Healthcare P&G Health Indonesia

The Best Brand Guardian Kategori Branding Team

  • Gojek
  • Sasa Inti
  • Antis
  • Soffell
  • Bank Syariah Indonesia

The Best Branding Agency

  • Fortuna
  • Imogen PR
  • Hakuhodo Digital/IDAC
  • Argo Asia Network
  • Agrakom PR
  • R&R PR

The Most Creative Brand Communication, Kategori Digital Campaign

  • H-THREE (Mr. Sprei Epic – Traveloka)
  • FINCH Agency (From Sasa to The World)
  • Bank CIMB Niaga (CIMB Niaga Forum Indonesia Bangkit)

The Most Creative Brand Communication, Kategori TV Commercial

  • H-THREE (TVC Serbuan Air – Aquaproof)

The Most Creative Brand Communication, Kategori Brand Activation

  • Sharp Electronic Indonesia (Sharp Bersedekah)
  • FINCH Agency (We are MSG)
  • Sinar Sosro (Fruit Tea World Festival)

The Most Creative Brand Communication, Kategori Integrated Brand Campaign

  • Bank BTPN-Jenius  (#LakukanDenganCaramu)
  • FINCH Agency (We are MSG)
  • Sinar Sosro (Fruit Tea World Festival)
  • Telkom IndiHome (IndiHome Wonderful Papua)
  • Bank DBS Indonesia (Heart Work(s)). ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)