MIX.co.id - Xpora merupakan aktivitas brand Bank Negara Indonesia (BNI) berupa aplikasi digital yang dikembangkan sebagai One Stop Shopping Solution untuk para UMKM & Diaspora Indonesia menuju Go Productive, Go Digital, & Go Global. Melalui Xpora, BNI hadir melayani kebutuhan UMKM berlandaskan tiga fokus strategis yaitu, UMKM Ekspor & Diaspora, DigitalValueChain, dan Ekosistem Unggulan.
Terbentuk dari penggabungan kata "Ekspor dan Diaspora", Xpora difokuskan sebagai pusat layanan untuk memperkuat potensi UMKM dan Diaspora Indonesia agar bisa mendunia. Dengan XPORA, BNI memberikan dukungan dan membuka peluang seluas-luasnya kepada UMKM dan Diaspora Indonesia melalui solusi terintegrasi untuk go global yang berbasis digital. BNI juga berjanji untuk menjadi partner UMKM dalam mewujudkan ekspor lebih mudah, menyenangkan dan menciptakan sustainablebusiness.
Secara filosofis, Xpora disebut sebagia orkestra ekosistem digital UMKM yang mempertemukan penjual, pembeli (termasuk diaspora) dan enabler ekspor. Melalui fitur-fitur digital dalam platform ini, mereka bisa melakukan diagnosis bisnis, mengajukan pendanaan, mengikuti pelatihan, hingga mendapatkan solusi digital untuk bisnis yang mereka jalankan secara terintegrasi. Dan yang tak kalah penting adalah dukungan perluasan pemasaran melalui businessmatch-making dengan buyer pasar global.
Untuk mengomunikasikan aplikasi digital yang dibesut sejak 2021 ini, BNI menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak, antara lain melalui pameran di dalam dan luar negeri, training dan event business matching. Sementara untuk strategi digitalbranding, mereka melakukan kolaborasi dengan xRANS Entertainment dan Manifesto Video Creation bersama musisi muda Alffy.
Untuk mendapat informasi seputar program dan fitur Xpora, UMKM dapat mendatangi Hub Xpora yang saat ini telah tersebar di 7 kota. Yakni Medan (KK Juanda), Jakarta (KCP Smesco), Bandung (KCU JPK), Solo (KCP Sebelas Maret), Surabaya (KCU Surabaya), Makassar (KCU Makassar), dan Denpasar (KCU Gajah Mada). (Bin)