Kiblatnya Fashion pun Mengincar Pasar Indonesia di JFW 2015

Sebagai salah satu pagelaran fashion terbesar di Asia Tenggara yang digelar setiap tahun, event Jakarta Fashion Week     ( JFW ) memang selalu dinanti oleh banyak orang. Termasuk, para desainer di kawasan Asia Tenggara.

Japan Fashion Week in Jakarta

Japan Fashion Week in Jakarta

Tahun 2015 ini misalnya, JFW 2015 yang digelar pada 1-7 November lalu juga sanggup menyedot animo para desainer berbakat. Selain mewadahi desainer Indonesia, Jakarta Fashion Week juga memberikan kesempatan bagi para desainer dari luar negeri untuk turut memamerkan koleksi-koleksi andalan mereka. Desainer Jepang—yang dikenal sebagai salah satu kiblat fashion dunia—menjadi salah satu yang berpartisipasi dalam event bergengsi tersebut.

Mengusung tema “Japan Fashion Week in Jakarta”, Jepang menghadirkan tiga orang desainer berbakat pada event yang diinisiasi oleh Femina Group dan didukung oleh Kementerian Perdagangan Indonesia itu. Ketiga desainer tersebut adalah Hideaki Sakaguchi dengan label Mannequins Japon, Motonari Ono, dan Tamae Hirokawa dengan label SOMARTA. Ketiganya dipilih langsung oleh Japan Fashion Week Organization (JFWO).

Dilaksanakan pada hari kedua JFW 2015, Japan Fashion Week in Jakarta menggelar serangkaian kegiatan. Mulai dari press conference, hingga Runway Show yang berlangsung kurang lebih 45 menit. Dihadiri lebih dari 400 pengunjung, 3 desainer Japan Fashion Week in Jakarta menampilkan masing-masing 15 karya terbaik mereka dan memberikan warna baru di panggung Jakarta Fashion Week 2015 kali ini.

“Jakarta Fashion Week memiliki kesamaan dengan JFWO, yaitu sebagai wadah untuk menyalurkan talenta para desainer muda. Selain itu, juga memiliki kesamaan bahwa para desainernya membuat hasil karyanya dengan penggunaan bahan yang berkualitas tinggi dan bernilai tradisi bagi masing-masing negara,” ujar Akiko Shinoda, Director of International Affair, selaku perwakilan Japan Fashion Week Organization.

Selain press conference dan Runway Show, Japan Fashion Week in Jakarta ini juga turut ambil bagian dalam program Fashionlink. Program Fashionlink ini sendiri masih merupakan bagian dari JFW 2015. Fashionlink hadir dengan tujuan untuk menyediakan tempat bagi para desainer yang ikut serta dalam JFW 2015 untuk memamerkan dan menjual hasil karya mereka, dan membuka kesempatan bagi para pembeli untuk melihat dan membeli koleksi pakaian dari desainer yang mereka suka.

Dalam program Fashionlink, masing-masing desainer asal Jepang mendapatkan satu booth untuk memamerkan koleksi mereka. Di sela-sela kegiatan Fashionlink, Japan Fashion Week in Jakarta juga menggelar acara Trunk Show, yang diadakan di Portico Lounge and Bar, Senayan City. Dalam acara tersebut hadir para pecinta fashion, baik dari kalangan pebisnis, fashion maker, hingga blogger turut hadir dalam acara tersebut.

"Ini adalah sebuah kehormatan untuk kami dapat membawa koleksi Jepang dengan tekstil teknologi tinggi ke Jakarta Fashion Week, sebuah pekan mode yang tumbuh semakin baik setiap tahunnya,” tutup Akiko Shinoda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)