Tim Imogen PR
Di balik kesuksesan sebuah brand pasti ada tim solid yang membantu. Pameo ini diyakini oleh Jojo S. Nugroho, selaku Managing Director Imogen PR. “Kami meyakini klien adalah hero dan kami adalah tim dibelakangnya. Jadi kalau klien kami adalah Luke Skywalker, maka kami adalah Obi-Wan Kenobi yang menyiapkan pedang bersinarnya. Jika klien kami adalah Frodo, kami adalah Gandalf yang menyiapkan sihir untuk mengalahkan musuh. Jika klien kami Cinderella, kami adalah ibu peri yang membuatnya menjadi cantik,” kata pria yang juga Ketua Umum Asosiasi Perusahaan PR Indonesia (APPRI) selama dua periode berturut-turut ini.
MewakilI Indonesia di Kancah Global
Didirikan di Jakarta pada tahun 2006, Imogen Public Relations (PR) menjadi satu-satunya agensi PR lokal yang ditunjuk mewakili Indonesia dalam jaringan Independent PR Agency sedunia, yakni Public Relations Organization International (PROI) Worldwide. Penunjukan itu, menurut Jojo merupakan prestasi membanggakan karena tidak semua agensi lokal mampu meraih posisi tersebut. “Tentunya, untuk bisa mewakili Indonesia dalam jaringan global PROI setelah melalui saringan ketat serta fit and proper test,” jelasnya.
PROI memiliki partner agency tersebar di 110 kota pada 50 negara, dengan total lebih dari 5.000 PR Profesional dan 6.300 klien di seluruh dunia. Hal itu pula yang kemudian menjadi keunggulan Imogen PR dibandingkan dengan agensi lokal yang lain dan dielaborasikan melalui jargon “Making Global Local, Making Local Global.”
Memiliki tiga kantor – dua di Jakarta dan satu kantor representative business consulting di Singapura - Imogen PR terhimpun dalam perusahaan grup konsultan Business and Marketing Institute Consulting Group (BMICG). “BMICG memiliki tujuh anak perusahaan yang semuanya bergerak di bidang komunikasi, salah satunya adalah Imogen,” terang Jojo yang kini juga menjabat Humas Ikatan Alumni (ILUNI) UI.
Sebagai integrated communications agency, Imogen PR memiliki core business di bidang Corporate Communications, Public Affairs, Marketing Public Relations, Government Relations, Media Relations, Media Intelligence dan Digital Public Relations. Spektrum jasa layanannya juga beragam, mulai dari layanan komunikasi korporat, pembelian media (media buying), aktivasi radio, iklan digital, media luar ruang (billboard), hingga workshop dan training dengan label Imogen Communications Institute.
Dengan semangat totalitas dari seluruh tim, tambahnya, Imogen PR berupaya membesarkan brand klien dan menjaga reputasinya. Berbagai persoalan yang dihadapi klien, seperti brand awareness yang rendah, strategi komunikasi yang keliru, hubungan media yang buruk, hingga manajemen krisis menjadi fokus tim dalam merancang konsep strategis untuk meraih sukses bisnis klien.
Di Balik Suksesnya Magnum Cafe
Kepiawaian tim Imogen meramu konsep strategic communications tergambar dari kesuksesan sejumlah brand klien di market, diantaranya pada salah satu brand Unilever : Magnum Ice Cream di awal relaunchingnya tahun 2010. Imogen mengemas pesan komunikasinya secara jitu lewat pendekatan gaya hidup (lifestyle) dengan merilis Magnum Café Magnum yang menjadi viral dan tren.
Tidak hanya itu. Berkat kerja keras tim Imogen, beberapa kliennya seperti Unilever Indonesia, Sinarmas land, dan Trakindo Utama, berhasil meraih beragam penghargaan mulai Silver hingga Gold Winner di ajang PR Indonesia Award pada beberapa kategori.
Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri
Imogen kini semakin berkembang dengan jumlah klien yang terus bertambah. Memiliki 25 orang konsultan dan menangani sejumlah klien di indutri Retail, E-Commerce, Fast Moving Consumer Goods (FMCG), Teknologi, Otomotif, Farmasi, Properti, Semen, Pupuk, Alat berat, hingga Migas dan Pertambangan. Imogen menangani banyak perusahaan swasta multinasional seperti PT Unilever Indonesia, Tbk., Mondelez Indonesia, Tempo Scan Pasific, Akzonobel Indonesia, Parkway Hospital Singapore, Shure, Conoco Phillips, Intel Indonesia, Google Indonesia, Castrol Indonesia, dll. Selain itu juga membantu tim komunikasi di beberapa BUMN dan Kementrian seperti Semen Indonesia, Pupuk Indonesia, Jasa Marga dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Menginjak usia 14 tahun, kiprah Imogen PR semakin diakui sebagai salah satu agensi lokal yang mampu menjaga reputasi klien sekaligus mengangkat reputasi bangsa di kancah global. Obsesinya, menjadi pemain utama di industri PR tanah air yang memiliki standar internasional dan jaringan global agar PR Agency lokal tetap menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Informasi lebih banyak bisa dilihat di www.imogenpr.com
***