Tahun ini, untuk kelima kalinya, program “Taobao Maker Festival” (TMF) kembali digelar Alibaba Group. Taobao adalah platform social commerce yang diluncurkan Alibaba pada 2003.
Mengusung tema “New Blood”, TMF 2020 telah digelar pada 10-14 Agustus 2020. Objektif dari program ini adalah untuk mendukung kreativitas para kreator muda dan pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).
Dikatakan Chris Tung, Chief Marketing Officer Alibaba Group, digelar sejak 2016, program tahunan TMF ini dikenal sebagai festival perayaan inovasi dan kreasi anak muda terbesar di Tiongkok dan dunia.
Selalu ada hal baru yang dihadirkan oleh Taobao Maker Festival, seperti bazar offline, konser musik, pameran teknologi, dan fashion show. “Tujuannya, untuk membangkitkan semangat berkreasi di kalangan anak muda,” ucapnya.
Meski kondisi pandemi berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Taobao Maker Festival 2020 tetap dihelat melalui program offline hingga virtual. Dijelaskan Chris, TMF 2020 ini akan mengemas offline roadshow berupa mobile pop-up store dengan menggunakan mobil karavan.
“Pada roadshow yang mengusung tema ‘Transformers’ ini, sejumlah merchant kreatif Taobao akan mengunjungi para peminat TMF melalui roadshow ke empat kota, yakni Hangzhou, Chengdu, Xi’an, dan Wuhan. Dalam road trip keliling yang berlangsung selama 20 hari ini, truk karavan akan berkeliling selama 500 jam dan menempuh 3.900 kilometer,” paparnya.
Format program tentu saja disesuaikan dengan kondisi saat ini, yang tengah pandemi. Salah satunya, dengan mengkombinasikan acara roadshow dengan pameran virtual.
“Kami juga banyak memanfaatkan fitur-fitur yang ada di platform Taobao untuk membantu para kreator muda dalam menghadapi pandemi. Salah satu yang paling popular adalah Taobao Live, platform live streaming. Kami mencatat, lebih dari 1 juta merchant telah menggunakan Taobao Live untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk mereka,” urainya.
Diakui Chris, tidak hanya sebatas Marketplace, Taobao kini telah menjadi komunitas bagi kreativitas anak muda. Data 2019 menunjukan bahwa terjadi peningkatan transaksi sebesar 2,7 miliar kali dibandingkan tahun sebelumnya (year on year) pada pembeli dalam usia 20-29 tahun.
“Selain itu, mayoritas pengguna Taobao adalah pembeli yang lahir pada tahun 1990-an. Pergeseran tersebut menunjukkan bahwa tren di masa depan akan didominasi oleh para makers muda yang ingin mengekspresikan diri melalui karya-karya mereka,” yakinnya.
Oleh karena itu, Taobao Maker Festival 2020 fokus pada makers baru atau makers muda yang ada di platform Taobao. TMF 2020 diikuti oleh lebih dari 150 kreator muda.
Selain itu, Taobao Maker Festival 2020 juga menggabungkan...