Brand Communication

Branding CRP Group Melalui Design Interior

Suasana gerai dari sebuah branddinilai dapat merangsang panca indera konsumen dan memengaruhi persepsinya terhadap brandtersebut. Tak heran, jika saat ini, para penggiat bisnis khususnya di bidang resto & cafe berupaya untuk menawarkan atmosfer tempat yang nyaman melalui beragam desain interior yang unik.

Dikatakan Decoration Manager CRP Group Rusivia Hanafie, konsep tata ruang di outlet menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi customerjourney. “Selain tempat yang nyaman, interior outletjuga sebaiknya memiliki konsep dekorasi yang sesuai dengan target market. Hal tersebut akan membentuk customer experience yang asyik bagi setiap konsumen,” jelasnya.

Lantas, bagaimana membangun konsep interior bagi sebuah brand? Baru-baru ini, di acara Sedekah Ilmu Bisnis ke-43, Rusivia memaparkan mengenai konsep “BrandingThroughInterior Decor”. Dipandu MC, Sedekah Ilmu Bisnis diawali dengan penjelasan mengenai pengertian desain interior di outlet.

Menurut wanita yang biasa disapa Sisi itu, interior di outletmerupakan salah satu sarana untuk menyampaikan pesan suatu brandyang diatur dengan menarik, sehingga tampilan outletmenjadi lebih eyecatching dan ‘instagramable’.

Ia mencontohkan mengenai desain interiorBakso Boedjangan yang terinspirasi dari rancangan rumah-rumah zaman dahulu. Antara lain, adanya jendela yang memiliki kisi-kisi (jalusi) serta menggunakan rak dinding ambalan.

Rancangan di area makan Bakso Boedjangan tersebut diadaptasi dari sejarah makanan bakso yang telah menjadi makanan kesukaan orang Indonesia sejak lama.

Selain itu, Ia bersama tim-nya bekerja sama dengan beberapa ilustrator Bandung untuk lebih menampilkan suasana kedai bakso tradisional melalui aneka gambar aktivitas ritual ngebakso pada dinding outlet.

Ditambahkan Sisi, desain interior sebuah gerai juga harus disesuaikan dengan marketyang dituju. “Karena desain interior tidak melulu tentang apa yang ingin kita sampaikan, tetapi juga mengenai apa yang konsumen inginkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengikuti perkembangan trendyang disesuaikan dengan identitas dari sebuah brand,” lanjutnya.

Materi selanjutnya yang dibahas adalah dekorasi outletdari brandFish Wow Cheeseee. Restoran ini termasuk dalam kategori restoran keluarga yang banyak dikunjungi oleh anak-anak, sehingga memiliki konsep yang colourful.

Kami mengkonsep gambar-gambar animasi mengenai kehidupan bawah laut dari Mr. Whale (ikon FWC) dengan warna-warna terang, seperti biru dan kuning,” ungkap Sisi kepada kurang lebih 20 peserta yang hadir.

Page: 1 2

Editor

Recent Posts

Binus Graduate Program Luncurkan Program Magister Desain

MIX.co.id - BINUS Graduate Program resmi merilis Program Magister Desain demi menjawab dinamika pasar yang…

20 hours ago

Targetkan Pangsa Pasar 27%, Ini Strategi yang Dipersiapkan Allianz Syariah di 2024

MIX.co.id - Penetrasi pasar asuransi syariah di Indonesia masih tercatat rendah, yakni masih di bawah…

20 hours ago

Majukan Fintech P2P Lending, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan

MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…

1 day ago

Q1 2024, Pendapatan Indosat Tumbuh 15,8%

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…

1 day ago

“Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2024” Jangkau Pelajar hingga Papua

MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…

2 days ago

J&T Express akan Kembali Menggelar “J&T Connect Run 2024”

MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…

2 days ago