Bagaimana para konsumen mendeskripsikan perusahaan Anda kepada teman dan keluarga mereka? Apakah produk Anda hanya cukup memenuhi kebutuhan mereka, atau mereka benar-benar jatuh cinta pada brand Anda? Menurut Steve Olenski, brand Anda harusnya lebih besar dan terlihat dibandingkan produk Anda sendiri. Contohnya, Old Spice tidak hanya terkenal sebagai perusahaan yang membuat deodoran, namun mereka juga terkenal sering membuat iklan lucu. Nordstorm tidak hanya menjual baju dan aksesoris kelas atas, namun mereka juga terkenal berdedikasi melayani pelanggan. Lalu, bagaimana caranya agar brand Anda dikenal lebih besar dibandingkan dengan pelayanan atau produk Anda?
Tujuh strategi agar brand semakin dicintai konsumen
1. Berikan Personality pada Brand Anda
Brand-brand terkemuka di dunia memiliki sesuatu kesamaan: mereka mengembangkan personality. Brand Anda harus memiliki sebuah suara yang solid agar individu dapat merasa terikat dengannya. Apa pesan yang ingin sampaikan? Bagaimana perasaan konsumen yang ingin Anda bentuk? Anda harus menentukan sifat dari brand Anda serta membuatnya konsisten di sepanjang channel marketing. Serial Enterpreneur Marcus Tober dari Searchmetrics menyarankan para marketers bahwa untuk memberikan personality kepada brand, Anda harus "terhubung dengan konsumen Anda dengan tingkat kepercayaan yang tinggi".
2. Mempertahankan Kualitas Tinggi
Konsumen Anda harus dapat percaya kepada Anda, dan cara membangun kepercayaan tersebut adalah dengan secara konsisten memberikan kulitas produk atau layanan yang berkualitas tinggi. Jika Anda selalu menawarkan produk berkualitas tinggi kepada konsumen Anda, mereka perlahan-lahan akan percaya pada Anda. Namun jika Anda mengecewakan konsumen, mereka tidak akan lupa, dan mereka akan menceritakannya kepada teman-temannya. Jangan biarkan hal ini terjadi.
3. Buatlah Konsumen Merasa Unik
Konsumen senang jika dianggap spesial. Berikanlah sedikit hadiah tambahan yang telah dipersonalisasi kepada konsumen loyal serta tawarkan pengalaman servis yang mumpuni. Dengan cara ini, konsumen Anda akan mengetahui bahwa Anda berdedikasi untuk memperhatikan mereka, bukan hanya menjual produk pada mereka.
4. Mengembangkan 'hype' di Segala Produk
Anda tentu ingin membangun antusiasme dan membuat orang membicarakan produk Anda sebelum diluncurkan. Satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan mengizinkan konsumen untuk melakukan pre-order produk baru sebelum resmi dijual. Rahasia psikologis ini akan menambah nilai dan eksklusivitas produk Anda. Konsumen akan mengasumsikan bahwa produk Anda memang bersifat high demand karena mereka harus melakukan pre-order.
5. Buatlah Event dan Pesta Ekslusif
Kunci untuk membangun konsumen yang returning dan loyal adalah dengan memberikan hadiah kepada mereka. Kembangkanlah sebuah klub loyalti dan kemudian buatlah pesta untuk klien atau konsumen terbaik Anda. Event marketing adalah metode paling sederhana untuk memperdalam hubungan dengan konsumen-konsumen Anda. Ketika konsumen merasa bahwa mereka mendapat akses eksklusif, mereka merasa spesial, yang pada akhirnya membantu membuat hubungan yang kuat.
6. Menyediakan Insentif Spesial
Untuk dapat bertahan di pasar, Anda harus menyediakan insentif spesial bagi konsumen Anda. Pikirkan lah cara yang dapat membuat produk Anda spesial. Berilah perhatian pada apa yang dilakukan oleh kompetitor dan tingkatkan permainan Anda. Pertimbangkanlah apakah Anda ingin membuat sebuah produk baru atau meningkatkan produk yang sudah Anda untuk dapat bertahan di kerasnya pasar. Memberi sesuatu yang baru ke hadapan konsumen merupakan salah satu alasan bagi mereka untuk semakin mencintai brand Anda.
7. Buatlah sebuah Kontes Foto
Gunakan platform pihak ketiga seperti Shoutlet untuk membuat dan mempublikasi kontes brand Anda untuk mengumpulkan foto dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan konsumen Anda. Kontes ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengembangkan library konten, Anda juga dapat memiliki kesempatan untuk berinteraksi dan melanjutkan hubungan dengan audiens Anda.