Bank Bukopin resmi melakukan rebranding pada Februari 2021 ini, dengan mengganti nama dan logonya. Dengan nama barunya, KB Bukopin, tagline yang diusung kali ini adalah “Bersama, Kita Bintang Finansialnya”.
Keputusan rebranding ini sebagai salah satu langkah strategis yang dilakukan perusahaan dalam rangkaian proses transformasi yang dimulai sejak September 2020 lalu.
Adapun pengumuman perubahan nama menjadi KB Bukopin, untuk pertama kali disampaikan perusahaan pada 11 Februari 2021 melalui Keterbukaan Informasi di Bursa Efek Indonesia.
Dituturkan Corporate Secretary KB Bukopin Meliawati, pengumuman hari ini dilakukan untuk memenuhi ketentuan regulator dan menyampaikan secara luas kepada masyarakat akan branding baru KB Bukopin. “Adapun, perubahan di berbagai atribut fisik dan digital dilakukan bertahap,” ucapnya.
Lebih jauh ia menegaskan bahwa KB Bukopin yakin dengan langkah transformasi yang dijalani ini, dapat mewujudkan visi perusahaan menjadi Top 10 bank di Indonesia, termasuk menjadi pemain digital utama bagi bisnis retail dan segmen UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).
Ditambahkan President Director KB Bukopin Rivan A Purwantono, transformasi yang dijalankan saat ini adalah proses yang komprehensif di berbagai lini di KB Bukopin. “Pergantian nama dan logo ini bukan sekadar simbol. Ini adalah bentuk keseriusan kita dalam melakukan transformasi untuk menjadi lebih baik lagi, dan wujud keyakinan KB Kookmin Bank dengan potensi yang kita miliki,” paparnya.
Sejak tahun 2018, diakui Rivan, kesamaan karakteristik lini bisnis di segmen retail dan UMKM, termasuk pangsa pasar yang dimiliki oleh KB Kookmin Bank dan KB Bukopin, menjadikan kolaborasi yang sempurna dalam menciptakan pertumbuhan kinerja bisnis yang berkelanjutan ke depannya.
“Dengan penggunaan brand identity KB Bukopin, kami semakin optimis mampu memperbaiki kinerja dan melayani nasabah dengan lebih baik lagi,” yakin Rivan.
Dalam realisasinya, lanjutnya, sejak beberapa bulan terakhir, KB Bukopin berhasil meraih nasabah baru dari korporasi Korea yang beroperasi di Indonesia. Hal ini berkat kuatnya reputasi brand KB.
KB Kookmin Bank sebagai salah satu bank nomor satu dan di bawah naungan grup finansial terbesar di Korea Selatan, telah memiliki basis nasabah yang kuat di berbagai negara, dan hal ini juga akan dikembangkan di Indonesia bersama KB Bukopin.
Selain KB Bukopin, KB Kookmin Bank sebelumya telah memperluas jaringan dengan mengakuisisi bank di China, Kamboja, dan Myanmar. Sedangkan kantor cabang KB Kookmin Bank di luar Korea sudah terdapat di 15 kota, mulai dari Tokyo, Auckland, hingga New York dan London.
“KB Kookmin Bank dan KBFG memberikan dukungan yang luar biasa kepada kami, termasuk dalam penggunaan brand identity KB. Dengan iklan KB Kookmin Bank yang ditayangkan di media sejak akhir Desember 2020 lalu dengan brand ambassador-nya, BTS, maka ikut membantu familiaritas brand KB dan Bukopin secara paralel,” pungkas Rivan.